Indeks Dollar AS kembali Menekan Rupiah ?

images

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Rupiah kembali tertekan hingga Senin (18/5/201 sore, bersamaan dengan mata uang lain di Asia. Penguatan indeks dollar AS kembali menekan mata uang di dunia dan berbagai aset keuangan lainnya.

Diperkirakan nilai tukar rupiah kembali tertekan pada Selasa (19/5/2015). Penguatan indeks dollar AS di pasar global sebagai sentimen yang akan dikonfirmasi dengan hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia berkaitan dengan posisi BI Rate.

Indeks dollar AS naik tajam membuat kembalinya kekhawatiran nasib Yunani yang bisa berujung pada keluarnya Yunani dari Zona Euro sebagai sentimen utama Senin malam.

Kondisi tersebut mendorong imbal hasil obligasi Yunani tenor 10 tahun naik hingga 26 basis poin Senin malam bersamaan dengan euro yang jatuh 1,1 persen. Selasa sore ini ditunggu angka neraca perdagangan dan inflasi Zona Euro.

Rupiah kembali tertekan hingga kemarin sore, bersamaan dengan mata uang lain di Asia. Kembalinya penguatan indeks dollar AS menekan mata uang di dunia serta berbagai aset keuangan lainnya.

Menurut riset Samuel Sekuritas Indonesia berpeluang menekan rupiah pada hari ini. Rupiah juga akan merespon pengumuman BI rate hari ini yang diperkirakan tetap di 7,5 persen. Pemangkasan BI rate sangat mungkin dilakukan BI yang dapat menambah tekanan terhadap rupiah di tengah penguatan dollar AS di pasar global. (edi s)

Berita Terkait

Komentar

Komentar