Indonesia Bukan Negara Sekuler, Semua Agama Dilindungi

SURABAYA, (tubasmedia.com) – Menko Polhukam, Mahfud MD, menekankan bahwa Indonesia bukanlah negara sekuler dan bukanlah negara dari agama tertentu. Oleh karena itu, pemerintah berkomitmen melindungi warga negaranya untuk dapat beribadah dan menganut agama yang diyakininya.

Ia menjamin semua umat beragama dan semua lembaga keagamaan memperoleh perlindungan yang sama dari negara. Hal itu disampaikan Mahfud saat mengunjungi Gereja Katedral Hati Kudus Yesus dan Gereja Kristen Indonesia (GKI), Surabaya, Sabtu (25/12).

“Indonesia itu bukan negara sekuler juga bukan negara agama, tapi negara Pancasila. Di negara Pancasila itu, semua agama dan para pemeluknya dilindungi hidupnya,” ujar Mahfud melalui keterangan tertulisnya.

Mahfud mengatakan semua agama membawa ajaran kebaikan masing-masing bagi para penganutnya. Karena itulah negara melindungi kebebasan tiap warga negaranya untuk memeluk agama yang diyakini.

“Itulah sebabnya, negara kita dasar pertamanya adalah berdasar Ketuhanan yang Maha Esa, bukan berdasar agama A, B atau C. Ketuhanan yang Maha Esa itulah yang kemudian dilembagakan dan semua dilindungi oleh negara,” ungkap Mahfud.(sabar)

Berita Terkait