Indonesia Segera Produksi Telepon Seluler

Laporan: Redaksi

ilustrasi

ilustrasi

JAKARTA, (TubasMedia.Com) – Menteri Perindustrian MS Hidayat menjanjikan telepon seluler (ponsel) akan segera diproduksi di dalam negeri. Langkah ini dapat menekan angka impor ponsel yang besar setiap tahunnya.

“Tahun ini akan dilakukan kerjasama swasta dengan swasta, melalui pemerintah untuk memproduksi ponsel di dalam negeri. Kami janji 2,5 tahun lagi handphone akan diproduksi secara nasional,” ujarnya di kantor Kementerian Perdagangan di Jakarta, kemarin.

Saat ini semua ponsel yang ada dipasok dari luar. Jumlah impor pada tahun 2012 mencapai 5,5 miliar dolar AS. “Lebih dari 50 juta unit ponsel yang dikonsumsi kita semua. Belum lagi barang selundupannya. Ini harus kita kurangi dari tahun ke tahun,” tuturnya.

Langkah serupa, lanjut dia, akan dilakukan pemerintah di sektor-sektor lainnya untuk penguatan industri dalam negeri. “Barang subtitusi impor akan kita upayakan makin berkurang setiap tahun. Kami janji regulasi akan makin mendukung, persaingan yang tidak adil kami perang. Tapi pelaku usaha juga harus bantu kami dengan memperbaiki produknya,” kata Hidayat. (sabar)

Berita Terkait

Komentar

Komentar