Industri Kulit Merupakan Industri yang Terus Dikembangkan

YOGYAKARTA, (tubasmedia.com) – Industri kulit, produk kulit, alas kaki serta karet dan plastik merupakan industri yang akan terus berkembang..Keberlimpahan sumber daya alam (SDA) pada bidang industri tersebut menjadi karunia yang harus bisa kita ekplorasi, manfaatkan dan diberdayakan dengan bijak.

Hal itu diutarakan Direktur Politeknik ATK Yogyakarta, Drs Sugyanto SSn, MSn dalam acara wisuda/i mahasiswa Politeknik ATK di kampus perguruan tinggi binaan Kementerian Perindustrian itu, Sabtu 18 Desember 2021.

Peluang pengembangan lebih lanjut, katanya, masih terus terbuka lebar bagi alumni Politeknik ATK untuk dapat berkontribusi nyata bagi pembangunan dan berkarya di tengah masyarakat.

Dikatakan oleh Direktur Politektik ATK, pengembangan industri akan berjalan dengan baik jika tiga pilar utama yakni industri, pemerintah dan perguruan tinggi bekerja secara optimal sesuai fungsinya masing-masing.

Dalam hal ini perguruan tinggi memiliki tugas pokok sebagai penyedia sumber daya manusia (SDM) intelektual dalam industri nasional sehingga penelitian menjadi faktor penting.

Demikian pentingnya peranan lulusan Politeknik ATK sehingga Politeknik ATK terus melakukan berbagai upaya dari tahun ke tahun untuk melakukan perbaikan yang berkelanjutan.

Demikian juga dalam rangka mewujudkan Industri 4.0, perlu adanya peningkatan kualitas sumber daya manusia dan teknologi. Dengan adanya tuntutan tersebut, proses pembelajaran di Politeknik ATK kata Sugyanto, juga disesuaikan dalam hal sarana dan prasarana.

Di samping itu SDM dapat berkembang dan maju apabila disertai dengan pengembangan kurikulum pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan industri di masa mendatang dalam hal ini industri kulit, produk kulit, karet dan plastik.

Selain itu juga katanya, telah terlaksananya pendidikan dual system di Politeknik ATK yang semakin membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk memahami dunia kerja industri ke depannya sehingga ke depannya diharapkan semakin terbuka wawasan, pengetahuan dan peluang bagi para lulusan Politeknik ATK. (sabar)

 

Berita Terkait