Industri Maritim Sektor Strategis

Laporan: Redaksi

Direktur Industri Maritim Kedirgantaraan dan Alat Pertahanan (IMKAP) Ditjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT) Kementerian Perindustrian Hasbi Assiddiq Syamsuddin

Direktur Industri Maritim Kedirgantaraan dan Alat Pertahanan (IMKAP) Ditjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT) Kementerian Perindustrian Hasbi Assiddiq Syamsuddin

JAKARTA, (TubasMedia.Com) – Industri maritim adalah sektor industri yang sangat strategis sehingga teramat perlu untuk terus dikembangkan. Jika industri tersebut sudah berkembang, selain sumber devisa negeri ini semakin bertambah, juga ada kebanggaan bahwa Indonesia telah mampu memproduksi kapal.

Demikian Direktur Industri Maritim Kedirgantaraan dan Alat Pertahanan (IMKAP) Ditjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT) Kementerian Perindustrian Hasbi Assiddiq Syamsuddin kepada tubasmedia.com di ruang kerjanya kemarin.

Hasbi yang baru dialihtugaskan dari Ditjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) ke Ditjen IUBTT ini selanjutnya mengatakan salah satu langkah strategi untuk menumbuhkembangkan sektor maritim adalah dengan cara mencintai produk sendiri, artinya harus kita mulai dari diri kita sendiri.

Konsumen utama produk-produk maritim di negeri ini harus mau dan bersedia untuk membeli kapal produk dalam negeri. Jika sekiranya mutu atau kualitas belum sepadan dengan produk luar negeri, mutu tersebut kan masih bisa terus dibenahi.

‘’Tapi saya yakin, mutu produk industri maritim nasional tidak kalah dengan buatan luar negeri. Tenaga-tenaga ahli yang menguasai industri maritim di negeri kita sudah cukup banyak dan handal. Jadi kami pikir, kemampuan kita tidak usah diragukan lagi,’’ lanjutnya.

Di bagian lain uraiannya dikatakan bahwa jika sektor maritim tidak kita mulai tumbuhkembangkan sejak sekarang, ke depannya akan menjadi sulit berkembang menyusul telah semakin dibukanya pasar bebas antarnegara. (sabar)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.