Infrastruktur di Sei Mangke Perlu Dibenahi

280115-ekbis1

KUALA TANJUNG, (tubasmedia.com) – Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho meminta dukungan pemerintah pusat agar aktifitas perekonomian di KEK Sei Mangkei, Kuala Tanjung, Sumatera Utara berjalan lancar dan mampu menyerap banyak investor.

Ada 3 hal utama yang menjadi sorotan Gatot. Pertama, perlunya percepatan penerbitan insentif perpajakan, kepabeanan dan cukai bagi para investor. Apalagi, penyusunan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Fasilitasi Fiskal tersebut sudah berjalan 5 tahun. Namun hingga ini belum selesai.

“Padahal, insentif fiskal tersebut merupakan amanat UU No 39 Tahun 2009 tentang Fasilitas Fiskal yang tujuannya, memberikan kepastian dan kemudahan berinvestasi di kawasan ekonomi khusus bagi para investor,” terang Gatot, Rabu (28/1/15).

Kedua, mendesak PTPN III untuk menyediakan infrastruktur dan fasilitas pendukung lain berkelas dunia, serta memberikan pelayanan prima kepada setiap investor. Sebab, pemerintah pusat dan pemerintah daerah menargetkan KEK Sei Mangkei akan menjadi salah satu pusat pertumbuhan ekonomi nasional dan dunia.

“Kami menaruh harapan besar pada PTPN III untuk menyediakan infrastruktur dan fasilitas pendukung lain yang berkelas dunia. Sebab KEK Sei Mangkei juga akan menjadi kawasan industri berkelas dunia,” imbuh Gatot.

Ketiga, mewujudkan akselerasi hadirnya infrastruktur wilayah yang mampu mendukung aktivitas investasi kelas dunia. Diantaranya transportasi intermoda, energi listrik dan gas.

“Kami sangat berharap dukungan penuh Presiden untuk tiga hal tersebut. Sehingga target pencapaian dari kawasan industri yang terintegrasi ini dapat meningkatkan perekonomian daerah dan ekonomi nasional,” tutup Gatot. (angga)

Berita Terkait

Komentar

Komentar