Ini Komitmen Budi Gunawan Jadi Calon Kapolri

Budi-Gunawan

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Komisaris Jenderal Polisi, Budi Gunawan menjalani fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan sebagai calon Kapolri di Ruang Rapat Komisi III, Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (14/1/2015).

Dalam pemaparan komitmennya menjadi calon Kapolri, dia menyatakan ingin mewujudkan delapan komitmen, salah satunya memberantas praktik tindak pidana korupsi. “Saya berkomitmen untuk mewujudkan budaya anti korupsi,” ujar Budi Gunawan dihadapan anggota Komisi III DPR.

Pemberantasan korupsi merupakan komitmen pertama Budi Gunawan jika diberi kepercayaan memimpin institusi korps bhayangkara itu. Selain itu, ia berkomitmen untuk melanjutkan program kerja yang telah disusun oleh kapolri sebelumnya. Sehingga terjadi kesinambungan kerja.

“Ketiga, komitmen terhadap supremasi hukum. Penegakan hukum yang bertindak sesuai dengan ketentuan hukum yang memenuhi asas keadilanndan kepastian hukum,” paparnya.

Keempat, diia ingin mewujudkan proses yang transparan dalam penanganan sebuah perkara. Sehingga, penanganan perkara itu berlangsung secara bersih dan akuntable serta dapat dipantau oleh semua pihak.

Kelima, ia berkeinginan untuk menjadikan Polri sebagai instansi yang prima dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga, masyarakat yang datang ke kepolisian dapat terlayani dengan cepat dan baik.

“Keenam, komitmen dalam membangun sinergi kondisional. Bekerjasama dengan semua stakeholder guna mendukung pelaksanaan tugas dalam peningkatan kompetensi dan integritas SDM Polri,” ujarnya.

Selanjutnya, dia menambahkan, pimpinan Polri kedepan haruslah berkarakter dan melayani. Dalam hal ini, ia menekankan bahwa pimpinan harus memiliki nyali, proaktif dan tidak ragu. Serta berani bertanggungjawab atas segala tindakan yang dilakukan. “Saya juga berkomitmen untuk memberikan reward and punishment dengan peningkatan kesejahteraan personil Polri,” pungkasnya. (nisa)

Berita Terkait