Investor Diharapkan Kembangkan Usaha di Kawasan Indonesia bagian Timur

JAKARTA, (tubasmedia.com)  – Guna menarik investor asing dan domestik masuk ke kawasan Indonesia bagian Timur, pemerintah akan mengembangkan kawasan industri melalui fasilitas master plain untuk daerah-daerah.

Hal itu dikatakan Direktur Pengembangan Wilayah Industri I, (Sulawesi, Maluku dan Irian), Kementerian Perindustrian, Arus Gunawan kepada pers di ruang kerjanya, kemarin.

Langkah ini katanya nantinya akan dijadikan sebagai reverensi atau acuan dalam pengembangan kawasan-kawasan industri  yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia bagian Timur.

‘’Itu yang pertama dan kedua adalah mengimplementasikan dari pembangunan kawasan  dan ketiga mempromosikan kawasan tersebut untuk perusahaan-perusahaan yang orientasinya penyebaran industri di luar Jawa,’’ kata Arus.

Menurutnya, penyebaran industri keluar Jawa sudah sangat mendesak mengingat padatnya industri di Pulau Jawa apakah itu dalam bentuk industri baru atau perluasan dari Pulau Jawa.

‘’Strategi ini juga dalam kaitannya dengan pemerataan pembangunan dimana akan menimbulkan nilai tambah di daerah-daerah tersebut,’’ tambahnya.

Ditambahkan oleh Arus, jika pembangunan sudah merambah ke daerah-daerah, dampaknya dari sisi ekonomi akan sangat positif bagi daerah tersebut.

Pasalnya dengan adanya aktifitas di luar Jawa tentunya akan memberikan nilai tambah terhadap daerah tersebut. Misalnya kegiatan ekonomi yang menunjang di sekitar pabrik tersebut akan turut serta menghela ekonomi warga sekitar. ‘’Yang jelas kesempatan kerja akan terbuka luas bagi warga daerah,’’ katanya.

Menjawab pertanyaan tentang  fasilitas kawasan industri yang ada di daerah, katanya akan dibangun sesuai dengan peruntukan  dan kerja sama dengan pemerintah setempat yang berorientasi kepada sumber daya alam.

Sementara itu tentang ketimpangan industri di luar Jawa dan luar Jawa menurut Arus sangat nyata yaitu 10 banding 90. ‘’Itu khusus kawasan Timur ya,’’ jelasnya. (sabar)

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar