Jaling Fokus PNPM Mandiri Kota Bekasi

Laporan: Redaksi

Progam Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri

Progam Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri

BEKASI, (Tubas) – Jalan lingkungan (Jaling) di wilayah wilayah Kota Bekasi menjadi fokus kegiatan dalam Progam Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM) di Kota Beskasi. Program tersebut telah membuat sejumlah gang di wilayah Kota Bekasi tak lagi becek dan berdebu.

Bagi masyarakat Kota Bekasi dapat mengajukan proposal proyek perbaikan jalan lingkungan (Jaling) secara mudah dan sederhana ke PNPM. Langkah awal melalui Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) dengan rincian lokasi disertai besarnya anggaran yang dibutuhkan dengan disertai dana swadaya masyarakat sebagai pendamping. Komposisnya 70 % dari APBN dan 30 % swadaya masyarakat.

Rentang waktu yang dibutuhkan bervariasi mulai proses survei lokasi dalam proposal hingga pelaksanaanya. Namun pelaksanan pembangunan nya sekitar dua minggu saja.Program PNPM untuk jaling tersebar di 12 kecamatan dengan sekitar limapuluhan kelurahan. Selama ini, program tersebut dilaksanakan Dirjen Cipta Karya Departemen Pekerjaan Umum (PU) dengan Konsultan yang ditunjuk.

Tahun 2011 Kota Bekasi memperoleh dana PNPM Rp 4,8 miliar yang akan dibagikan kepada 52 kelurahan. Kegiatan PNPM di Kota Bekasi disertai tim teknis dari Bina Marga, Dinas Penataan dan Pengawasan Bangunan (P2B) , Dinas Kesehatan, Dinas Sosial yang tergabung dalam tim evaluasi kelompok kerja (Pokja). Pengunaan dana PNPM di Kota Bekasi difokuskan pada jalan lingkungan (Jaling) dan bedah rumah yang tidak layak huni. (rudi kosasih)

Topik :

Berita Terkait

Komentar

Komentar