Jalur Cepat Membuat SIM Ala Polresta Depok

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

DEPOK, (Tubas) – Jalur cepat “via tol” juga secara analogi ternyata dapat diberlakukan juga pada proses pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), seperti terjadi di wilayah hukum Polresta Depok. Pasalnya, dalam proses tersebut tidak sedikit diketahui para pemohon akan adaya ungkapan jalur cepat dan lambat.

Meski harus dikenakan biaya yang jauh lebih mahal untuk proses pembuatan SIM via jalur cepat tersebut, anehnya tidak sedikit dari para pemohon justru lebih memilih jalur tersebut. “Memang mahal sih mas. Tapi daripada saya habis waktu untuk ini, mau tidak mau saya jalani,” kata Jaenudin, salah seorang pemohon SIM kepada Tubas belum lama ini.

Selain harus mengantre, Jaenudin juga ternyata merasa enggan jika akhirnya harus kehilangan waktunya lantaran gagal dalam memperoleh SIM. Sebab diketahui juga tidak sedikit dari para pemohon yang harus kembali datang pada dua pekan sesudahnya untuk ikuti kembali proses ketika gagal dalam tes pertama jika tidak memilih jalur cepat yang terkesan telah disediakan tersebut.

Terdapatnya jalur cepat dalam proses pembuatan SIM di Depok ternyata dapat diketahui secara terang-terangan oleh sejumlah pemohon, karena tak jarangnya tawaran jasa pembuatan SIM yang dilontarkan terhadap para pemohon di area proses pembuatan SIM Depok. “Baru datang saja, saya sudah ditawari oleh seseorang yang mengaku bisa mengurus cepat proses pembutan SIM untuk saya,” kata salah seorang calon pemohon yang juga diamini para pemohon SIM lainya di lokasi Pasar Segar di Depok.

Selain tergolong menjadi salah satu pilihan tepat untuk mempersingkat waktu, realita tersebut juga kerap menjadi keluhan warga pemohon lainnya karena lambatnya proses jadi SIM yang memakan waktu hingga lebih dari satu jam lamanya. Sudah hampir lebih dari satu jam menunggu, proses SIM belum jadi juga. Padahal, ada juga pemohon lain yang belum lama datang, terus langsung foto dan pulang setelahnya. Itu dikatakan Bayu warga Tapos Depok kepada tubasmedia.com.

Dari data yang didapat tubasmedia.com di lapangan, sedikitnya terdapat puluhan, hingga ratusan jumlah pemohon SIM setiap harinya. Dari jumlah tersebut, tidak sedikit juga dari para pemohon yang lebih memilih jalur cepat untuk mendapat SIM A, maupun C di wilayah hukum Polresta Depok meski harus mengeluarkan dana yang lebih besar. (eko)

Topik :

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.