Jerman Siapkan Bantuan Korban Gempa di Aceh

11

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Pemerintah Jerman siapkan bantuan dan sampaikan belasungkawa kepada para korban gempa yang menimpa Aceh. Pemerintah Jerman menerangkan sedang menyiapkan bantuan yang diperlukan bagi  korban gempa di Aceh.

“Kami sedang membahas, bantuan apa yang dibutuhkan dan bagaimana Jerman bisa membantu”, kata Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier disele-sela pertemuan NATO di Brüssel.

“Kami berdukacita dengan warga Indonesia. Kami berbelasungkawa dengan korban dan keluarganya,” kata Steinmeier.

Kepala Bidang Humas Polda Aceh Komisaris Besar Gunawan mengatakan hari Rabu (7/12), korban meninggal akibat gempa bumi di Kabupaten Pidie, Aceh, bertambah menjadi 97 orang, sebagaimana dikutip Kompas Online.

Gunawan selanjutnya mengatakan, sebagian korban meninggal dunia telah dipulangkan kepada keluarga. Namun polisi belum dapat memastikan jumlah korban luka-luka karena masih akan bertambah. Evakuasi saat ini masih terus berjalan. “Ada 214 korban luka-luka,” kata dia.

Pusat gempa ada di sekitar 10 kilometer utara Reuleut, Kabupaten Pidie Jaya, pada kedalaman 11 kilometer di bawah laut

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Aceh, gempa yang terjadi berkekuatan magnitudo 6,4 , terjadi pada pukul 05.03 WIB. Pusat gempa berada 18 kilometer di timur laut Kabupaten Pidie Jaya pada kedalaman 10 kilometer.

Gempa juga dirasakan di beberapa wilayah Aceh, antara lain Pidie, Aceh Besar, Sabang, Bireun, dan Lhokseumawe. (red)

Berita Terkait

Komentar

Komentar