JK Tekankan Topik Budi Pekerti

Laporan: Redaksi

ilustrasi

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Calon wakil presiden (Cawapres) Jusuf Kalla (JK) mendapat tanggapan dan pembicaraan yang banyak di komunitas sosial media (Sosmed) pada debat Cawapres yang digelar Minggu (29/6).

Dari enam segmen debat, total percakapan tentang Cawapres Hatta Rajasa sebesar 17.396, sementara JK mencapai 51.403. Netizen sentimen Hatta Rajasa sebesar 4.104 dan Jusuf Kalla sebesar 23.676.

“Debat Cawapres mendapatkan respons lebih kecil dari netizen dibandingkan Debat Capres. Dukungan netizen lebih besar terhadap Jusuf Kalla daripada terhadap Hatta Rajasa,” kata pendiri Politicawave Yose Rizal di Jakarta, Minggu (29/6) malam.

Politicawave adalah lembaga pemantauan pembicaraan di Sosmed seperti twitter, facebook, blackberry messanger, dan fasilitas Sosmed lainnya.

Yose menjelaskan seperti pada debat-debat sebelumnya, banyak akun-akun artis yang mendukung pasangan no 2, seperti @Happy_Salma, @eddibrokoli, @jokoanwar dan @wanda_hamidah.

Beberapa topik dalam debat berhasil mendapatkan respon besar dari netizen dan masuk menjadi Trending Topic Worldwide, yaitu Pembangunan SDM & IPTEK, Bung Hatta, IPTEK, Pembangunan SDM, Pak JK, Indonesia Mengajar, Pak Hatta, Bonus Demografi, Wah JK, Prabowo Duduk Berdampingan, Selama Jeda Debat dan Kasihan JK.

Yose menjelaskan pada segmen satu ada beberapa topik dari Hatta Rajasa yang menarik perhatian netizen, yaitu Pendidikan Gratis 12 Tahun, Mencerdaskan Kehidupan Bangsa dan Kualitas SDM.

Sementara beberapa topik dari Jusuf Kalla yaitu Sumber Daya Manusia, Produktivitas dan Mencerdaskan Bangsa.
Total percakapan tentang Hatta Rajasa sebesar 2.133 percakapan dan Jusuf Kalla sebesar 16.946 percakapan. Net Sentimen (Margin percakapan positif dan negatif) Hatta Rajasa sebesar 301 dan Jusuf Kalla sebesar 4.760.

Pada segmen dua topik dari Hatta Rajasa adalah Iptek untuk Kesehatan, Energi, Pangan dan Transportasi, Peningkatan Anggaran dan Pendidikan Berkeadilan Inklusif.

Dari Jusuf Kalla yang menarik perhatian netizen adalah Revolusi Mental, Teknologi dan Pendidikan Budi Pekerti. Total percakapan tentang Hatta Rajasa sebesar 275 dan Jusuf Kalla sebesar 1.404. Net Sentimen Hatta Rajasa sebesar -6 dan Jusuf Kalla sebesar 285.

Pada segmen tiga, beberapa topik dari Hatta Rajasa yang menarik perhatian netizen adalah Anggaran 10 Trilyun, Triple Helix, MP3EI, Tamatan SD dan Pusat-Pusat Pertumbuhan.

Beberapa topik yang menarik dari Jusuf Kalla adalah Pengalaman, Indonesia Mengajar, Gaji, Pertukaran Guru dan Pendidikan Nasional.

Total percakapan tentang Hatta Rajasa sebesar 1.186 dan Jusuf Kalla sebesar 6.931. Net Sentimen Hatta Rajasa sebesar 96 dan Jusuf Kalla 1.355.

Pada segmen empat, beberapa topik menarik tentang Hatta Rajasa adalah Bonus Demografi, Produktivitas, Employment dan Kewirausahaan.

Sementara beberapa topik dari Jusuf Kalla adalah Revolusi, Budi Pekerti, Sertifikasi dan Kesejahteraan Guru. Jumlah percakapan tentang Hatta Rajasa sebesar 3.763 dan Jusuf Kalla sebesar 9.966. Net Sentimen Hatta Rajasa sebesar 1.103 dan Jusuf Kalla sebesar 6.340.

Pada segmen Lima, beberapa topik dari Hatta Rajasa adalah Mafia, Kekayaan Alam, KPK dan Potential Loss. Beberapa topik dari Jusuf Kalla adalah Menristek, Ujian Nasional, Infrastruktur dan Evaluasi.

Total percakapan tentang Hatta Rajasa sebesar 4.699 dan Jusuf Kalla sebesar 6.310. Net Sentimen Hatta Rajasa sebesar 1.527 dan Jusuf Kalla sebesar 3.557.

“Pada segmen Enam, beberapa topik dari Hatta Rajasa adalah Triple Helix, Pangan, Energi dan Kedokteran, Merdeka dan Bersatu, Kecerdasan dan Pilar Utama.

Sementara topik dari Jusuf Kalla adalah Keluarga, Produktivitas, Pendidikan Gratis, Sekolah Mahal dan Tanggung Jawab.

Jumlah percakapan tentang Hatta Rajasa sebesar 5.340 dan Jusuf Kalla sebesar 9.846. Net Sentimen Hatta Rajasa sebesar 1.083 dan Jusuf Kalla sebesar 7.379,” tuturnya. (tim)

Humbanghas
Humbanghas

Berita Terkait

Komentar

Komentar