Joget dan Mijit Saat Debat, Suara ke Prabowo-Sandi akan Tergerus

JAKARTA, (tubasmedia.com) –  Capres nomor urut 02 ,Prabowo Subianto menari dan mijit di tengah debat pertama, Kamis 19 Januari 2019. Momen tersebut muncul ketika debat mulai memanas. Saat itu, Prabowo ditanya Jokowi soal komitmen pemberantasan korupsi karena Gerindra mengusung caleg mantan koruptor.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memprediksi tingkah laku mantan Danjen Kopassus itu bakal menggerus suara. Dia mencontohkan bagaimana suara paslon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin meninggalkan paslon nomor urut 02 di DKI Jakarta.

“Berdasarkan survei hari ini elektabilitas pak Jokowi dan KMA (di Jakarta) melampaui 7 persen di atas pak Prabowo,” ujar Hasto di DPP PDI Perjuangan, Jakarta Pusat, Sabtu (19/1/2019).

Menurutnya, selisih Jokowi-Ma’ruf dengan Prabowo-Sandiaga bakal melesat jauh. Hal ini, karena tari-tarian Prabowo dan aksi mijit saat debat kemarin.

“Kita lihat, nggak tahu setelah tari-tarian di debat, mungkin akan bertambah,” ujarnya.

Prabowo Tertekan?

Sementara itu, Pengamat komunikasi politik Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing, melihat sikap Prabowo itu karena tertekan menghadapi emosi dirinya. Makanya langsung disambut pijitan oleh sang cawapres Sandiaga Uno.

Menurutnya, perilaku keduanya tidak pantas dilakukan dalam situasi debat yang formal. Prabowo dan Sandi disarankan bisa menekan tingkah laku demikian.

“Di dalam situasi apa pun ada yang disebut impression manajemen. Bagaimana mengelola impresi kita di dalam suatu situasi sosial pada konteks tertentu,” jelasnya. (sabar)

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar