Jokowi Luncurkan 9 Alkes Buatan Anak Bangsa

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Di Istana Merdeka Jakarta, Presiden Jokowi meluncurkan 9 alat kesehatan yang berhasil dibuat sejumlah lembaga dan industri yang tergabung dalam sebuah konsorsium.

Peluncuran produk bertajuk Kebangkitan Inovasi Indonesia ini dalam rangka merayakan Hari Kebangkitan Nasional, 20 Mei 2020.

Ada ventilator hingga tes kit polimerase chain reaction dan tes kit untuk tes cepat alias rapid test. Semua barang siap diproduksi massal.

Presiden yang melihat alat-alat ini tersenyum karena alat tersebut bisa diproduksi di Indonesia.

Tak cuma ventilator ataupun pelindung wajah yang dikomentari presiden juga test kit pcr dan test kit untuk tes cepat.

Menurut presiden, jumlah ribuan yang bisa diproduksi cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Bahkan menurut presiden, produk-produk tersebut bisa diekspor.

“Saya kira kalau kita memang kepepet itu semua bisa dilakukan. Itu dimulai sejak Covid Maret. Langsung bergerak dan ternyata kita bisa membuatnya sendiri, tidak usah impor,” kata Jokowi.

Semua produk dibuat lembaga yang tergabung dalam konsorsium di antaranya badan pengkajian dan penerapan teknologi, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Airlangga, PT Hepatika Mataram, serta PT Len dan Darma Polimetal.

Semua produk telah melalui uji produk dan uji klinis sehingga siap diproduksi massal.(sabar)

Berita Terkait

Komentar

Komentar