Jokowi Naik Pesawat Kelas Ekonomi, Harus Diikuti Pejabat

021214-NASIONAL-11

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Presiden Joko Widodo menumpang pesawat komersial di kelas ekonomi untuk memberikan contoh bagi pejabat negara cara berhemat. Hal itu harus iikuti oleh para menteri, gubernur, bupati/wali kota, dan lainnya.

Hal itu dikemukakan peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Indria Samego, kepada tubasmedia.com di Jakarta, Selasa (2/11/2014), terkait dengan pilihan Jokowi naik pesawat Garuda Indonesia kelas ekonomi dalam rangka kunjungan kerja ke Semarang, Jawa Tengah, Selasa.

Ia mengatakan, pada masa lalu hal semacam itu seperti diabaikan. Seolah-olah wajar bila sambutan meriah diberikan kepada pejabat negara. Menurut Indria Samego, memang tidak mudah menyosialisasikan perubahan tersebut, karena selama ini sudah jadi kebiasaan. Bukannya mustahil, tapi apa yang dilakukan oleh Jokowi harus diikuti oleh para pejabat.

Sementara itu, pengamat politik dan lingkungan, Sahat Marojahan Doloksaribu, yang dihubungi terpisah, mengemukakan, dengan naik pesawat komersial di kelas ekonomi, Jokowi memberikan pesan kepada semua pejabat negara bahwa uang negara harus lebih banyak digunakan untuk pembangunan yang memberikan manfaat kepada masyarakat.

Ia berharap agar Jokowi terus memberikan contoh bagaimana menghemat penggunaan uang negara dalam satu periode kepemimpinannya (2014-2019). (ender)

Berita Terkait

Komentar

Komentar