Kapolsek Sosialisasikan Bahaya Narkoba

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

AJIBARANG, (Tubas) – Dalam teori pembelajaran sosial dikatakan bahwa manusia melakukan sesuatu dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor pengalaman dan faktor pengamatan. Faktor pengalaman dapat dari dalam diri manusia itu sendiri sedangkan faktor pengamatan timbul oleh sesuatu yang berasal dari luar. Namun kedua faktor tersebut akan berpengaruh kepada perilaku manusia dalam menjalani kehidupannya.

Manusia pada usia remaja (12-18 tahun) mulai mencari jati diri dengan mengadopsi aturan-aturan yang ada disekelilingnya.Dalam ilmu kriminologi ada teori perkembangan moral manusia yang disebut moral development teory yang menggambarkan tahap perkembangan pikiran dan nalar manusia.

Demikian Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Ajibarang AKP. Agus Bowo Astoto saat memberikan ceramah dalam diskusi “Bahaya Narkoba dan Kenakalan Remaja” yang diselenggarakan di SMP Ma’arif NU 1 Ajibarang Jalan Pandansari No.876, Ajibarang, Banyumas baru-baru ini.

Lebih jauh Kapolsek mengatakan, kenakalan remaja meliputi semua perilaku yang menyimpang dari norma-norma hukum pidana yang dampaknya akan merugikan diri sendiri dan orang-orang disekitarnya sekaligus menjelaskan pasal-pasal dan beratnya hukuman bagi para pelaku terkait masalah penyalahgunaan narkotika, dijelaskan bahwa bahan tersebut sangat berbahaya karena zat adiktif yang terkandung dapat mempengaruhi perasaan, emosi dan bahkan syaraf bagi yang mengkonsumsinya.

Khusus kepada remaja Kapolsek berharap agar para remaja pandai memilih teman dan lingkungan yang baik serta membentuk ketahanan diri agar tidak mudah terpengaruh terhadap perilaku negatif dari teman sebaya atau komunitas yang ada di sekitarnya yang tidak sesuai dengan harapan. (nas sibarani)

Berita Terkait

Komentar

Komentar