Kasus HIV/AIDS di Kota Tasikmalaya Meningkat

TASIKMALAYA, (tubasmedia.com)  – Wakil Walikota Tasikmalaya Drs. M Yusuf sebagai Ketua KPA Kota Tasikmalaya mengatakan, temuan kasus HIV/AIDS di Kota Tasikmalaya terus mengalami peningkatan. Tercatat sejak Januari-Juni 2018 sudah ada 41 kasus baru di kota berjuluk Kota Resik  itu.

Menurut data, Kecamatan Cihideung dan Cipedes yang menjadi zona rentan penularan virus HIV/AIDS, pihaknya akan menyusun strategi dalam menggencarkan sosialisasi pencegahan HIV/AIDS.

“Saya minta camat alokasikan dari PIWK (Pagu Indikatif Wilayah Kecamatan) untuk dana sosialisasi HIV/AIDS. Memang kita akui,   selama ini WPA terkendala anggaran untuk  menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat,’’ kata Yusuf.

Dengan persentase temuan berdasarkan jenis kelamin 34 persen menimpa kaum perempuan, sisanya 66 persen dialami kaum laki-laki. Dari  tiga kecamatan ditengarai menjadi wilayah yang rentan penyebaran yakni Cihideung, Cipedes dan Tawang.

Penemuan kasus mematikan ini diketahui di layanan PKM Indihiang 2, PKM Mangkubumi 1, PKM Purbaratu 7, PKM Cigeureung 2, PKM Cipedes 5, PKM Sambong 1, RSTCM 2 dan RSUD dr Soekardjo 21.

Dari temuan tersebut, apabila dikalkulasi secara kumulatif sejak tahun 2004 hingga saat ini, tercatat sebanyak 542 kasus positi. (mik)

Berita Terkait

Komentar

Komentar