Kebiasaan Mengunyah Permen Karet Berdampak ini!

images

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Ada beberapa alasan yang membuat seseorang rajin mengonsumsi atau mengunyah permen karet. Umumnya karena orang tersebut ingin gigi yang sehat, tidak bau nafas dan ada juga yang menjadikan permen karet sebagai pengganti rokok.

Namun, tetaplah waspada. Kebiasaan mengonsumsi atau mengunyah permen karet ini bisa berdmpak buruk apabila diakukan terlalu sering.

Seperti yang dikutip dari Boldsky, Selasa (28/4), adapun lima dampak dari kebiasaan mengunyah permen karet terlalu sering yaitu pertama, gangguan sendi dimana gangguan sendi temporomandibular ini terjadi karena otot di mulut alami kerusakan yang dapat menyebabkan kondisi ini. Kedua, keinginan menyantap junk food lebih besar karena mengunyah permen karet rasa mint atau mentol mampu mengurangi asupan makanan sehat dan memicu keinginan seseorang menyantap junk food.

Ketiga, sakit kepala dan alergi dikarenakan permen karet memiliki pengawet, perasa, dan pemanis buatan yang dapat memicu terjadinya sakit kepala dan alergi. Keempat. Kembung karena ketika mengunyah permen karet, Anda menelan banyak udara yang dapat menyebabkan kembung dan sakit perut.

Dan yang terakhir yaitu diare. Diare terjadi karena pemanis buatan di dalam permen karet seperti mannitol dan sorbitol menyebabkan iritasi pada usus, yang bila terjadi terus menerus menyebabkan diare dan dehidrasi karena hilangnya cairan tubuh.(welda)

Berita Terkait