Kebijakan Menteri Susi Menekan Nelayan Kecil

Kapal-N

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Ketua Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Marthin Hadiwinata menilai, kebijakan yang ditelorkan KKP belum memihak kepada perbaikan nasib petani.

“Dalam mengeluarkan kebijakan KKP hingga saat ini belum memberikan porsi yang cukup besar untuk kesejahteraan nelayan kecil, nyatanya nelayan kita pada saat ini masih menjadi kelompok tertinggi dari jumlah kemiskinan yang ada di tanah air,” ungkap Marthin dalam sebuah diskusi di Kawasan Cikini Jakarta, Sabtu (18/06/2016).

Bahkan Marthin berani bilang bahwa hingga saat ini, pemerintah belum memberikan perhatian penuh pada kesejahteraan nelayan tanah air. “Kebijakan demi kebijakan yang dikeluarkan tidak ada yang memiliki tujuan langsung meningkatkan kesejahteraan nelayan, yang ada hanya menekan para nelayan kecil,” demikian katanya.

Senada dengan Marthin, Anggota Komisi IV DPR Viva Yoga Mauladi mengatakan, Menteri Susi terlalu fokus pada hal pengawasan dan melupakan tugas utama KKP yakni melakukan pembudidayaan ikan secara nasional.

“KPP sekarang banyak sorotan karena kebijakan dari pemerintah dianggap fenomenal lah tentang penenggelaman kapal, tapi itu kan kapal-kapal kecil saja, seharusnya orientasi pemerintah tidak hanya di misi pengawasan saja tapi juga bagaimana meningkatkan budidaya,” katanya. (red)

Berita Terkait

Komentar

Komentar