Kebumen Akses Pelayanan Kesehatan Dibagi Tiga Zona

100115-nas

KEBUMEN, (tubasmedia.com) – Dalam rangka peningkatan akses pelayanan kesehatan di Kabupaten Kebumen Jawa Tengah, telah dibagi tiga zona yaitu zona selatan I, zona II wilayah tengah dan zona III wilayah utara.

Seiring dengan rencana pembangunan jalan lintas selatan maka untuk mengantisipasi kecelakaan sejalur tersebut sudah dikembangkan akses pelayanan dengan UGD 24 jam melalui peningkatan puskesmas menjadi puskesmas rawat inap.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen dr. Hj. Y. Rini Kristiani, M.Kes saat ditemui tubasmedia.com di ruang kerjanya (9/1/2015) menyatakan, untuk akses pelayanan kesehatan di jalur tengah wilayah timur juga sedang dibangun rumah sakit umum (RSU) type C Kecamatan Prembun Kabupaten Kebumen untuk menjangkau daerah perbatasan agar pelayanan kesehatan lebih maksimal.

Dan sesuai rencana pada tahun 2015 di fokuskan pada penyelesaian gedung IGD, poliklinik dan ruang operasi/bedah dengan perlengkapan mekanikal Elektrikalnya, sehingga bisa beroperasi pada tahun 2016.

Dari pembagian zona ini akan mempermudah Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen mengembangkan dan membagi akses pelayanan kesehatan, sekaligus untuk sebagai rujukan perencanaan bidang kesehatan dalam rangka akses pelayanan kesehatan dasar yang lebih optimal. (ahmad)

Berita Terkait