Kebutuhan Daging Sapi Cukup, Stok Sudah di Penuhi Peternak Kebumen

Untitled4

KEBUMEN, (tubasmedia.com) – Dengan aksi mogok di beberapa tempat dengan menyikapi kebijakan pengurangan quota impor daging sapi, tak mempengaruhi harga daging sapi di pasar tradisional di wilayah Kebumen. Harga daging sapi di kebumen di beberapa hari ini, nampak masih standar harga pada kisaran Rp 100 ribu/ kg.

Hal tersebut juga dibenarkan Kasi Perlindungan Konsumen Dinas Perindagsar Kebumen Agung Patuh. Dari hasil pemantauan ke sejumlah pasar pada Hari Senin ( 10/8) dan hari ini, Selasa ( 11/8), pedagang daging sapi tetap berjualan, dengan harga Rp 100 ribu/kg.

Menurutnya, Di kebumen, tidak ada daging sapi impor atau dari daerah lain. Karena untuk kebutuhan daging sapi , sudah bisa dipenuhi dari para peternak sapi di kebumen . Hal tersebut menjadi salah satu penyebab stabilnya harga daging sapi di Kebumen.

Daging Ayam Masih TinggiData Laporan perkembangan harga rata-rata kepokmas Dinas Perindagsar Kabupaten Kebumen menunjukan harga daging sapi Rp 100 ribu/kg, daging kambing turun dari Rp 110 ribu /kg pada pekan lalau, turun menjadi Rp 100 ribu/ kg. Harga daging ayam kampung masih Rp 65ribu/kg dan justeru harga daging ayam potong yang masih bertengger pada harga Rp 34 ribu /kg , atau naik Rp 1000 /kg dari harga pekan sebesar Rp 33 ribu/kg.

Dibandingkan dengan harga pada saat lebaran lalu, yang mencapai Rp 50 ribu/kg, tentu sudah mengalami penurunan. Namun harga daging ayam yang mencapai Rp 34 ribu, masih tergplong tinggi, dibanding harga normal yang hanya sebesar Rp 22 ribu/kg.

Masih Tingginya harga daging ayam pedaging, dimungkinkan karena tingginya permintaan
terhadap daging ayam pedaging, mengingat bulan Syawal banyak masyarakat yang menggelar hajatan. ” Selain itu juga karena keterbatasan persediaan ayam di kandang ( peternak),mengingat saat ini belum panen “ungkap Agung.

Sementara harga kebutuhan pokok lainnya yang mengalami kenaikan di antaranya cabe merah besar dari Rp 23 ribu/kg menjadi Rp 35 ribu/kg, cabe merah keriting dari Rp 28 ribu menjadi Rp 35 ribu sert a harga cabe rawit yang naik Rp 5000/kg dari Rp Rp 50 ribu menjadi Rp 55 ribu/kg,dan lain- lainya. (ahmad)

Berita Terkait

Komentar

Komentar