Kejahatan Dunia Maya Mengincar Pelaku UKM

Oleh: Marto Tobing

101114-ragam1

KEJAHATAN dunia maya senantiasa akan terus mengincar pelaku dunia Usaha (Industri) Kecil dan Menengah (UKM) untuk dijadikan sasaran empuk. Oleh karena itu, para pelaku UKM harus lebih waspada agar terhindar dari sasaran empuk para pelaku atas kejahatan dunia maya (cyber).

Terungkap dari hasil kutipan Tubas, Alex Lei (AL) selaku Director Security Sales Symantec ASEAN dan Korea Selatan, mengatakan para pelaku kejahatan cyber dari Indonesia ini gemar menyerang UKM yang karyawannya kurang dari 250 orang. Perusahaan UKM menjadi sasaran karena biasanya mereka belum punya perilindungan keamanan komputer yang kuat. Sebagian besar serangan cyber kepada UKM mau pun perusahaan besar dilakukan dengan cara mengirim email.

Ada tiga sektor atau industri yang paling sering diincar pelaku kejahatan cyber yaitu industri grosir, pemerintah atau sektor pubilk dan manufaktur. AL memperingatkan, tak menutup kemungkinan aksi kejahatan cyber itu bisa menyusup ke sistem komputer perusahaan karena kelalaian seorang karyawan yang kurang sadar atas keamanan. Bisa jadi seorang karyawan yang terima email dengan iming-iming hadiah lalu dia klik link yang ada di email tersebut, padahal link tersebut hanyalah modus malware atau phising.

Modus kejahatan cyber makin beragam. Penyebarannya kini banyak dilakukan lewat jaringan internet di komputer pribadi hingga ponsel pintar. Tujuan kejahatan cyber saat ini tidak lagi merusak sistem piranti lunak namun kini lebih menitikberatkan pada pencurian data pengguna, seperti password dan nomor kartu kredit.

Laman: 1 2 3

Berita Terkait