Kemarau Panjang Diperkirakan Mundur Bulan Desember

Untitled

KEBUMEN, (tubasmedia.com) – Bergotong royong membantu air bersih masyarakat Kabupaten Kebumen Jawa Tengah bagi warga yang berada di wilayah kekeringan . Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen menunjukan ratusan ribu jiwa di 87 desa di 17 kecamatan di Kabupaten Kebumen yang terancam kekeringan.

Apalagi Menurut perkiraan Badan Metereologi dan Geofisika , kemarau yang berdampak pada kondisi kekeringan akan berlangsung mundur hingga bulan Desember 2015 mendatang.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap mereka, berbagai pihak mulai memberikan bantuan air bersih. Sekretaris daerah Kabupaten Kebumen H Adi Pandoyo, SH, M.Si dalam surat edarannya nomor : 365/1830 tentang bantuan penanggulangan kekeringan menghimbau agar PNS memberikan kepedulian dalam bentuk bantuan air bersih.

Bagi pejabat eselon II diminta untuk berpartisipasi dengan menyumbangkan air bersih sebanyak 2 tangki, eselon III 1 tangki serta eselon IV setengah tangki. Harga satu tangki diperhitungkan Rp 175 ribu .

Himbauan serupa juga disampaikan kepada sekolah-sekolah melalui gerakan bumbung kemanusiaan. Termasuk kepada para siswa agar menyisihkan sebagian uang jajan mereka untuk membantu mereka yang berda di wilayah kekeringan.

Begitu juga kepada para pengusaha di Kebumen, diminta untuk peduli. Data BPBD Kebumen mencatat hingga saat ini bantuan air bersih yang telah masuk sebanyak 973 tangki , baik dari pihak swasta maupun dari PNS.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Kebumen, Muhyidin mengatakan alokasi air bersih sebenarnya sudah dialokasikan lewat APBD murni dan APBD Perubahan sebesar Rp 400 juta, Namun diperkirakan dana tersebut tidak mencukupi . ” Apalagi musim kemarau kali ini cukup panjang, diperkirakan sampai bulan Desember.(ahmad)

Berita Terkait

Komentar

Komentar