Kemegahan Pelabuhan Muara Ternoda Tumpukan Sampah

onggokan sampah ada dimana-mana

TAPUT, (tubasmedia.com) – Pelabuhan Muara, Tapanuli Utara (Taput), kini berdiri megah dengan gagah menghadap Danau Toba dan Pulau Sibandang.

Dari kejauhan terlihat Pelabuhan Muara mengundang decak kagum karena dapat memanjakan mata setiap orang yang melihatnya, menunjukkan  betapa keseriusan Pemerintahan Joko Widodo menetapkan Danau Toba menjadi destinasi wisata super prioritas.

Pelabuhan Muara yang telah dibangun bertahap selama tiga tahun itu disebut belum diserah terimakan, namun telah mengoperasikan Kapal Penyeberangan Kaldera Toba (Ferry) menuju Pulau Samosir.

Masyarakat Tapanuli Utara khususnya Kecamatan Muara tentu berbangga hati dengan kehadiran pelabuhan yang sangat megah itu.

Namun sangat disayangkan, kemegahan pelabuhan yang nampak gagah dan indah itu tidak terawatt, kotor dan jorok. Bahkan sangat memalukan karena disana-sini terlihat onggokan sampah yang berserakan.

Mata orang yang datang ke pelabuhan itu pasti tertuju pada sampah yang berserakan pada akhirnya tudingan akan bermuara kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara.

Keseriusan Pemkab Taput mendukung Program Pemerintah Pusat dengan menetapkan Danau Toba menjadi destinasi wisata super prioritas tampaknya setengah hati. Obyek wisata serta pelabuhan sebagai sarana pendukung, sama sekali tidak mendapat perawatan yang maksimal. Bahkan terkesan ditelantarkan.

Pelabuhan Muara dilihat dari seberang danau

Barang Langka

Minat pihak Pemkab Tapanuli Utara, khususnya menangani kebersihan jauh dari yang diharapkan padahal kebersihan itu tentu akan memberikan nilai estetika yang akan menciptakan kenyamanan bagi wisatawan. Soal kebersihan, menurut pengamatan tubasmedia.com, di wilayah Tapanuli Utara merupakan barang langka, khususnya kebersihan fasilitas umum seperti terminal bus, pelabuhan, pasar, toilet dan kamar mandi yang tidak jarang toilet di beberapa kamar mandi itu tidak pernah disiram dan toiletnya penuh dengan kotoran manusia alias tinja.

Padala hanya dengan menjaga kebersihan, Muara dan obyek wisata lainnya di Tapanuli Utara akan semakin dikenal banyak wisatawan, baik domestik maupun manca negara. (edison ompusunggu)

Berita Terkait

Komentar

Komentar