Kemenperin Kembali Raih Penghargaan Laporan Keuangan Terbaik

1_LapKeu

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Kementerian Perindustrian kembali meraih penghargaan dari Pemerintah atas keberhasilannya menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2014 dengan Capaian Standar Tertinggi dalam Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution kepada Sekjen Kemenperin Syarif Hidayat dengan disaksikan Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro dalam rangkaian acara Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2015 di Jakarta, Jumat (2/10).

Dapat disampaikan, Rakernas kali ini bertemakan “Implementasi Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual: Era Baru Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Indonesia”. Rakernas sudah rutin diselenggarakan sejak tahun 2008 dan bertujuan untuk mendorong pelaporan keuangan berbasis akrual. Acara Rakernas kali ini juga dihadiri oleh Pimpinan Lembaga Tinggi Negara, Ketua dan Anggota BPK, Menteri/Pimpinan Lembaga, Gubernur, Bupati, Walikota yang memperoleh opini WTP, serta Pejabat di lingkungan Kementerian Pusat sebanyak 903 peserta.

Syarif mengatakan, penghargaan ini telah tujuh kali diterima Kementerian Perindustrian sejak tahun 2008. Keberhasilan tersebut sebagai wujud komitmen yang kuat dari jajaran pimpinan, didukung SDM berkualitas dan sistem manajemen keuangan yang semakin baik serta penjaminan mutu (quality assurance) yang dilakukan pengawas internal.

“Kami akan terus berupaya untuk mempertahankannya, karena penghargaan ini dapat memotivasi jajaran Kemenperin dalam menyusun laporan keuangan sesuai kaidah-kaidah akuntansi yang dipersyaratkan. Di samping itu, penghargaan ini juga menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan tata kelola anggaran, Kemenperin telah mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tegas Syarif. (ril/sabar)

Berita Terkait