Kementerian Ekonomi Kreatif Mendorong Inovasi

Laporan: Redaksi

ilustrasi

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Rencana pemerintahan baru membentuk Kementerian Ekonomi Kreatif dinilai akan mendorong masyarakat untuk memberdayakan kreativitas dan inovasi. Diharapkan kementerian itu nanti benar-benar dipimpin oleh figur yang kreatif.

Demikian petikan wawancara tubasmedia.com dengan Ketua Koperasi Industri Komponen Otomotif (KIKO) Indonesia, M. Kosasih, dan Dosen Universitas Kristen Indonesia (UKI), S.M. Doloksaribu, di Jakarta, pekan lalu, berkaitan dengan salah satu rancangan Tim Transisi presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo – Jusuf Kalla, akan membentuk Kementerian Ekonomi Kreatif.

Menurut Kosasih, dengan pembentukan Kementerian Ekonomi Kreatif diharapkan dapat diberdayakan SDM dan sumberdaya alam setempat untuk meningkatkan sumber pendapatan. Itu diperlukan untuk membangkitkan dan mengoptimalkan perekonomian nasional.

Mengenai kriteria menteri ekonomi kreatif, Kosasih mengatakan, pastinya orang yang ingin negara dan rakyat lebih maju dari negara lain. Figur tersebut harus mau terjun bersama masyarakat dan saling membahu menumbuhkan usaha kreatif.

Sementara itu, S.M. Doloksaribu mengatakan, banyak sub sektor ekonomi kreatif yang tersebar di Tanah Air. Secara umum ekonomi kreatif kita pahami sebagai ekonomi yang digerakkan oleh kreativitas masyarakat.

Oleh karena itu, kementerian tersebut harus dipimpin oleh figur yang kreatif, mampu mendorong kreativitas masyarakat, dan mampu menjual produk tersebut. (ender)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.