Kepala Bappenas: Dana Pembangunan Pelabuhan dari Kemitraan Swasta

131114-NASIONAL-1

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Kepala Bappenas Adrinof Chaniago menyebut dana pembangunan proyek pelabuhan di Indonesia berasal dari dana kemitraan dengan pihak swasta. Sektor yang memjadi prioritas pemerintah adalah pada sektor energi, pangan, kelautan dan kemaritiman.

“Dananya sebagian besar kemitraan dengan swasta, yang tidak ekonomis tentu akan dibiayai oleh pemerintah atau BUMN,” ujar Adrinof di kantor wapres, Jakarta, Kamis (13/11/2014).

Dalam pertemua dengan World Bank hari ini, pemerintah menyampaikan arah pembangunan Indonesia saat ini dan ke depansehingga lembaga donor memiliki acuan dalam memberikan bantuan. Salah satu ukuran dalam memberian bantuan adalah pada prioritas dan durasi waktu proyek.

“Kalau durasi proyek itu 2 tahun, buat apa 4 tahun. itu yang disampaikan, dan mereka akan mengikuti itu,” ucapnya.

Saat ini yang menjadi prioritas pembangunan pemerintah saat ini adalah soal pangan, energi, kelautan dan kemaritiman. “Ini semacam dialog untuk menyamakan persepsi. tapi mereka akan nurut dan membantu apa yang sesuai dengan keinginan kriteria yang kita buat. selanjutnya akan ada pembicaraan teknis dengna bappenas dan menteri terkait,” jelasnya.

Pemerintah juga tengah mengevaluasi proyek proyek pembangunan yang saat ini yang tidak berjalan. Semua review project akanberasal dari Bappenas dan perhitungan anggaran akan dilakukan bersama-sama dengan kementerian keuangan.

“Sekarang ini metode kita mensolidkan jajaran kementerian dan lembaga. di samping secara internal di kementerian masing-masing. pertemuan tahap awal itu menyamakan persepsi, visi misi presiden,” terangnya. (hening)

Berita Terkait

Komentar

Komentar