Kerukunan Antar Umat Beragama Wujud Nyata Di Banyumas

Laporan: Redaksi

ilustrasi

ilustrasi

BANYUMAS, (tubasmedia.com) – Sebagai wujud nyata telah terjalinnya kerukunan dan keharmonisan hubungan antar umat beragama dan organisasi kemasyarakatan (Ormas) di Kabupatan Banyumas, akan diselenggarakan Turnamen Futsal Lintas Agama dan Ormas Kabupaten Banyumas, bertempat di GOR Satria Purwokerto. Perhelatan itu telah berlangsung dua hari sejak 26 Oktober lalu.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Banyumas, dihadiri Kapolres Banyumas, Dandim 0701 Banyumas, Ketua Forum Komunikasi antar Umat Beragama (FKUB) Banyumas, jajaran Kantor Kementrian Agama Kabupaten Banyumas dan para tokoh ormas dan agama, serta diikuti 27 tim futsal dari berbagai elemen lintas ormas dan agama.

Ketua Panitia Pelaksana, Windu Waluyojati AMd Ak menjelaskan turnamen ini bertujuan untuk menggali potensi di tiap komunitas ormas dan agama khususnya di bidang olah raga, membentuk sikap profesional dan jiwa sportif serta membentuk komunitas yang sehat jasmani-rohani. Targetnya adalah terjalinnya kerukunan, kekompakan dan kerjasama antar komunitas lintas ormas dan agama; serta terbangunnya profesionalisme, sportifitas dan kepekaan sosial yang tinggi di kalangan ormas dan agama.

Kegiatan ini juga dalam rangka memperingati hari “Sumpah Pemuda”. Thema yang diangkat adalah: “Melalui olahraga kita tingkatkan kerukunan, kekompakan dan kerjasama lintas ormas dan agama yang harmonis, dalam kerangka semangat kebangsaan dan patriotisme, sebagai modal untuk turut berkontribusi dalam pembangunan bangsa.”

Dijelaskan Windu, sebelum turnamen ini digelar elemen ormas dan agama di Banyumas telah rutin melaksanakan kegiatan sosial misalnya pendirian posko mudik lebaran. Ini merupakan bukti nyata keharmonisan hubungan lintas agama dan ormas yang harus terus dijaga dan dibina demi kemajuan Banyumas di masa yang akan datang. (christ)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.