Ketua Fraksi PAN Minta Komitmen Netralitas Budi Gunawan

ketua-fraksi-pan-tjatur-sapto-edy

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Tjatur Sapto Edy, mengatakan, calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Komjen Pol Budi Gunawan, harus bersikap netral dan profesional bila nanti memimpin Polri.

“Kita minta komitmen netralitas dan keprofesionalannya dalam menjalankan tugas,” kata Tjatur saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (10/1/2015).

Budi Gunawan, lanjutnya, harus mampu mengungkap kasus-kasus yang mangkrak di Polri, termasuk kasus penembakan mobil Ketua MPP PAN, Amien Rais. “Harapan saya kepada Budi Gunawan bila menjadi Kapolri adalah bisa mengungkap kasus-kasus besar, seperti kasus bahan peledak, kasus penembakan mobil Pak Amien Rais,” katanya.

Selain itu, Budi Gunawan diminta untuk meneruskan apa yang sudah dicapai oleh Kapolri Jenderal Pol Sutarman. Anggota Komisi III DPR RI itu mengatakan, Budi Gunawan merupakan sosok yang memiliki kualitas dan intelektualitas. Tak salah kalau Presiden Joko Widodo mempercayakan Polri kepada Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Kalemdikpol) itu.

“Saya tahu, beliau (Budi Gunawan) punya kualitas, punya intelektualitas. Dia harus klarifikasi rumor-rumor, entah oleh beliau sendiri (Budi Gunawan) atau PPATK,” kata Tjatur.

Ia juga menyebutkan, bila Budi Gunawan menjadi Kapolri, kepentingan bangsa dan negara harus di atas kepentingan pribadi dan golongan. Sebab rumor yang beredar, Budi Gunawan orang dekat Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. “Secara politik begitu. Tapi, itu sah-sah saja. Kalau memang segala persyaratan sudah terpenuhi oleh Budi Gunawan menjadi Kapolri, maka kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan golongan,” katanya. (nisa)

Berita Terkait

Komentar

Komentar