Ketua MK Yang Baru Akhirnya Mengucapkan Sumpah

pelantikan-hakim-MK

JAKARTA,(tubasmedia.com) – Bertempat di Istana Negara, dua hakim Mahkamah Konstitusi (MK) yang baru itu, akhirnya mengucapkan sumpah di hadapan Presiden Joko Widodo, Rabu (7/1/2015/). Kedua hakim yang mengucapkan sumpah adalah I Dewa Gede Palguna dan Suhartoyo.

Kedua hakim terpilih itu adalah hasil godokan oleh panitia seleksi para calon hakim MK yang beranggotakan tujuh orang, terdiri atas Saldi Isra, Refly Harun, Satya Ariananto, Harjono, Maruarar Siahaan, Todung Mulya Lubis dan Widodo.

I Dewa Gede Palguna merupakan hakim dari unsur pemerintah itu, menggantikan Ketua MK Hamdan Zoelva. Sedangkan Suhartoyo merupakan hakim dari unsur Mahkamah Agung (MA) menggantikan Hakim Konstitusi Ahmad Fadlil Sumadi.

Kedua hakim MK pendatang baru itu akhirnya mengucapkan sumpah jabatan di hadapan Presiden disaksikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua MA Hatta Ali dan Ketua DPD Irman Gusman.

Pemilihan I Dewa Gede Palguna dilakukan pada Senin (5/1/2015). Panitia seleksi Hakim Mahkamah Konstitusi mengajukan dua nama calon Hakim Konstitusi ke Presiden Joko Widodo yakni Dr. I Dewa Gede Palguna dan Prof Dr. Yuliandri.

Ada pun pengangkatan I Dewa Gede Palguna mengacu pada Keputusan Presiden No 1-P/2015 tentang pengangkatan dan pemberhentian dari unsur pemerintah. Sedangkah Suhartoyo diangkat berdasarkan Keputusan Presiden No 141/2015 tentang pengangkatan dan pemberhentian hakim konstitusi dari unsur MA. (marto tobing)

Berita Terkait

Komentar

Komentar