KNPI ‘Kembar’ di Jawa Tengah

Laporan: Redaksi

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI)

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI)

SEMARANG, (Tubas) – Jawa Tengah (Jateng), punya pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) kembar. Satu dipimpin Ny.Novita Wijayanti juga anggota DPRD Jateng, satu lagi dipimpin Agus Susanto. Ini imbas kemelut dualisme kepemimpinan di pusat antara Azis Syamsudin dan Ahmad Doli Kurnia yang sama-sama menyatakan diri Ketua Umum DPP.KNPI.

Novita Wijayanti dikukuhkan Azis Syamsuddin (juga wakil ketua Komisi III DPR) selaku Ketum DPP.KNPI, akhir tahun lalu. Dan Agus Susanto dilantik Doli Kurnia selaku Ketum DPP.KNP I, sebagai pimpinan KNPI Jateng. Dua kepengurusan KNPI Jateng itu, satu berkiblat pada Azis Syam suydin, satunya lagi pada Doli Kurnia.

KNPI Jateng Novita Wijayanti, mengadakan rapat koordinasi diikuti pengurus KNPI seluruh daerah tingkat dua di Jateng di Semarang, pertengahan tahun ini. Beberapa statement dikeluarkan. Intinya, KNPI Jateng dalam kondisi solid, tak terpengaruh kemelut di Pusat. “KNPI Jateng tak ingin masuk ranah konflik seperti di pusat”, ujar Novita.

Ketua KNPI Kab.Kendal Ali Martin menambahkan, menolak keras organisasi lain menga tas-namakan KNPI diluar kepemimpinan Novita. KNPI yang sah dipimpin Novita.Jika ada KNPI lain di Jateng, itu tidak sah dan liar, ujarnya. Wuryanto, Ketua KNPI Kab.Rembang ikut bersuara dan ber- kata, perpecahan di KNPI Pusat jangan sampai merembes di kepengurusan daerah-daerah Jateng.

M Burhan, Wakil Ketua DPP.KNPI versi Doli Kurnia saat hadir di HUT KNPI Kab.Blora- ra/Jateng akhir Juli lalu menilai, KNPI Jateng pimpinan Novita Wijayanti tidak sah. DPP.KNPI pimpi nan Doli Kurnia telah mengeluarkan SK.26 Juni 2011. Isinya, menetapkan dan mengakui Agus Susan to dan Siswanto sebagai Ketua dan Sekretaris KNPI Jateng.

M Burhan berharap, Novita tak lagi memakai atribut KNPI dan mengundurkan diri secara terhormat. Tak melakukan pelanggaran hukum dengan memimpin KNPI Jateng secara tidak sah. Ke- hadirannya di Blora, dalam rangka mendorong dan mendukung segera dilaksanakannya Musyawarah Provinsi oleh Pengurus KNPI Jateng dimotori Agus Susanto dkk.

Inilah faktanya, ada KNPI kembar di Jateng. Tak menutup kemungkinan, ditingkat kabupa ten/kota di Jateng, terjadi hal serupa. Petinggi pemerintahan di Jateng tampaknya condong pada KNPI pimpinan Novita Wijayanti. Terindikasi hadirnya Gubernur Jateng Bibit Waluyo pada pengukuhan kepengurusan KNPI Jateng pimpinan Novita. (mary)

Berita Terkait

  1. mohammad Rizkia 29 September 2011, 11:33

    Beritanya kok salah semua gimana nih? Tolong investigasi informasinya yg lebih bagus donk..!

    Reply
  2. Tanpa mengurangi rasa hormat kepada penulis berita dan publishernya, serta dg tetap menjunjung kebebasan pers, saya terdorong nurani saya utk menyatakan bahwa beberapa kalimat dlm tulisan di atas mengandung kesalahan dan bisa menyesatkan pemahaman masyarakat atas fakta yg terjadi.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.