Komite Seleksi Luluskan 15 Judul Film Untuk FFI 2012

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, (TubasMedia.Com) – Setelah melewati rapat pleno pada Jumat (16/11) lalu, Komite Seleksi FFI akhirnya meluluskan 15 judul film untuk selanjutnya dinilai oleh Dewan Juri FFI 2012 untuk menjadi nomine Piala Citra FFI 2012. Film-film itu adalah Cahaya di Atas Cahaya, Cita-Citaku Setinggi Tanah, Demi Ucok, Dilema, Garuda di Dadaku 2, Hello Goodbye, Lovely Man, Mata Tertutup, Modus Anomali, Perahu Kertas 1, Rumah di Seribu Ombak, Soegija, Tanah Surga… katanya, Test Pack, dan Ummi Aminah.

Para anggota Komite Seleksi yang meluluskan film-film tersebut adalah Agni Ariatama (Ketua), Aline Jusria (Sekretaris), Alan Sebastian, Faozan Rizal, Lola Amaria, Bustal Nawawi, Hartanto, Nano Riantiarno, dan Sam Sarumpaet. Mereka menilai 45 judul film peserta FFI 2012.

Nama-nama pemenang FFI 2012 rencananya diumumkan dalam acara puncak yang berlangsung di Benteng Vredeburg, Yogyakarta, 10 Desember mendatang.

Anggota Komite Seleksi FFI 2012, Nano Riantiarno, menyatakan, sebanyak 45 film yang sempat diseleksi oleh Komite Seleksi sangat kaya ragam. Dikatakannya, makin banyak film yang berani menyuguhkan cara pandang baru terhadap beragam persoalan hidup sehari-hari.

“Banyak film memiliki tema isu sosial yang kuat dan menghadirkan kebaruan, karena menghadirkan kisah manusia secara umum. Ada cara pandang yang meluas dalam mengupas tema masing-masing film,” kata Nano, di Jakarta, Sabtu (17/11).

Menurut Nano, Komite Seleksi dibatasi untuk memilih 10-15 film buat disodorkan kepada Dewan Juri FFI 2012. Komite Seleksi mendapati kemajuan yang mengejutkan saat menilai karya yang diseleksi. Komite kemudian memutuskan memilih 15 judul film terpilih. ”Kalau boleh memilih lebih, mungkin kami akan memilih lebih banyak lagi film untuk dinilai Dewan Juri FFI,” ungkap Nano.

Dikatakan, dalam proses penilaian, Komite Seleksi menilai 13 unsur film dari 45 film yang diseleksi, antara lain editing, akting, penyutradaraan, dan unsur-unsur lainnya. ”15 film yang terpilih mendapatkan total nilai terbanyak dari lima unsur terkuat dalam masing-masing film,” katanya. (stevie)

Berita Terkait

Komentar

Komentar