Komjak Tuduh Kejagung Lindungi Jaksa Pinangki

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Komisi Kejaksaan (Komjak) mengaku menerima surat dari Kejaksaan Agung (Kejagung) yang menyatakan Komjak tak perlu lagi memeriksa jaksa Pinangki karena sudah diperiksa internal.

Menanggapi itu Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman selaku pelapor mengaku semakin curiga dengan Kejagung seolah-olah melindungi Pinangki.

“Ini terus terang saja ketika ini menjadi bahasa-bahasa narasi-narasi yang berbelit-belit ini kita jadi semakin curiga, apa memang Pinangki mau dilindungi kan gitu jadinya kan,” kata Boyamin, saat dihubungi, Selasa (25/8/2020).

Ia mengatakan awalnya isu Pinangki dilindungi kejaksaan bermula saat ada kabar Pinangki mendapat pendampingan hukum dari Kejagung meski ditegaskan akhirnya tidak mendapat pendampingan dari Persatuan Jaksa Indonesia.

Selain itu muncul pedoman yang mengharuskan pemeriksaan jaksa harus seizin Jaksa Agung meski akhirnya pedoman tersebut dibatalkan.

Kemudian muncul lagi surat dari Kejagung yang menyatakan telah dilakukan pemeriksaan terhadap jaksa Pinangki di internal sehingga Komjak tak perlu memeriksa lagi Pinangki.

Padahal Boyamin menilai mestinya bisa saja Pinangki mendapat izin untuk diperiksa Komjak, karena berkaca dari jaksa penuntut umum yang menuntut ringan terdakwa penyerangan Novel turut hadir dalam pemeriksaan Komjak.

Boyamin menilai sikap protektif Kejagung terhadap Pinangki cenderung berlebihan. Ia berharap agar Komjak diperbolehkan memeriksa Pinangki di dalam rutan atau Pinangki diperbolehkan diperiksa oleh Komjak di kantornya.

“Jadi terus terang saja saya menyayangkan sikap Kejagung yang tidak memberangkatkan Pinangki untuk dimintai keteranganya oleh Komisi Kejaksaan,” ujar Boyamin.

“Kalau toh ini tidak ada yang ditutupi dan semangat untuk keterbukaan, maka ini Kejaksaan Agung harusnya memberangkatkan dan mengizinkan atau setidaknya diperiksa di tahanan. Tinggal menyatakan silakan Komisi Kejaksaan mendatangi tahanan untuk diberi ruang untuk memeriksa Pinangki,” ungkapnya. (sabar)

 

Berita Terkait