Koramil 11/Jenar Ikut PSN Massal

Picture2

SRAGEN , (tubasmedia.com) – Anggota Koramil 11/Jenar Kodim 0725/Sragen yang dipimpin Danramil Kapten Inf. Kaswanto, Jumat (37/2/2015) ikut melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) masal di Desa Japoh, Kecamatan Jenar, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Penyakit demam berdarah adalah penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus dengue yang menginfeksi bagian tubuh melalui sistem peredaran darah manusia melalui gigitan nyamuk aedes aegepty yang terinfeksi.

Penyakit demam berdarah sudah menjadi masalah nasional karena jumlah penderita dan kematian yang diakibatkannya cukup tinggi, sehingga menimbulkan keresahan masyarakat khususnya warga Kecamatan Jenar. Oleh karena itu diperlukan adanya penanganan yang serius untuk mengantisipasi merebaknya kasus demam berdaraha ini di wilayah Kecamatan Jenar yaitu dengan melaksanakan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk masal. Kegiatan PSN masal ini dilaksankan secara bergilir tiap minggu di desa di seluruh wilayah Kecamatan Jenar.

Dalam release yang diterima tubasmedia.com, Jumat, camat Jenar Catur Sarjiyanto mengatakan gerakan PSN masal ini merupakan gerakan yang dilakukan secara serentak di setiap desa dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan angka bebas jentik (ABJ) sehingga seluruh masyarakat terbebas dari penyakit demam berdarah. Selain itu, tambahnya, untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman terhadap kesehatan lingkungan yang merupakan salah satu faktor pencetus meningkatnya kasus demam berdarah.

Camat Jenar menghimbau kepada seluruh peserta PSN masal untuk memeriksa tempat-tempat penampungan air di rumah-rumah warga apakah ada jentik nyamuknya atau tidak dan melaporkan hasil pemeriksaannya kepada pihak Puskesmas Jenar. Kegiatan PSN masal ini merupakan gerakan gabungan dengan melibatkan anggota polsek Jenar, anggota Koramil Jenar, Puskesmas Kecamatan Jenar, Siswa SMK N 1 Jenar, siswa SD N Japoh 1 dan kader Posyandu Teratai Desa Japoh.(rel/siswoyo)

Berita Terkait