Kota Tasikmalaya Peringkat Pertama Nilai UN SMA Tertinggi Se-Jabar

Kadisdik Kota Tasikmalaya, Drs. Achdiyat Siswandi

Kadisdik Kota Tasikmalaya, Drs. Achdiyat Siswandi

TASIKMALAYA, (tubasmedia.com) – Dalam pelaksanaan ujian nasional tingkat SMA/sederajat tahun 2015 Kota Tasikmalaya menduduki peringkat pertama sebagai daerah dengan nilai UN tertinggi di Jawa Barat.

Kepala Dinas Dikbud Kota Tasikmalaya, Achdiyat Siswandi, kepada tubasmedia.com, baru-baru ini, mengatakan, prestasi dan kesuksesan penyelenggaraan UN tidak hanya diukur dari raihan nilai UN, tapi juga dilihat dari hasil pengukuran Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN). IIUN adalah indeks untuk mengukur tingkat kejujuran dalam pelaksanaan UN.

Dikatakan, IIUN diukur dari tingkat persentase jawaban siswa yang tidak menunjukkan pola kecurangan. Kecurangan yang diukur merupakan gabungan persentase contek-menyontek antarsiswa dan persentase keseragaman pola jawaban soal ujian nasional dalam suatu sekolah.

Namun, sayangnya, Kota Tasikmalaya, yang menduduki posisi pertama raihan nilai UN SMA di Jabar, justru memiliki IIUN ketiga terendah, di atas Kabupaten Majalengka dan Sukabumi, yang berada di posisi kesatu dan kedua terbawah. Indeks integritas pelaksanaan UN Kota Tasikmalaya hanya di angka 67,28.

Data IIUN ini secara resmi dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan telah disebarkan ke masing-masing Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. (hakri/dadang)

Berita Terkait

Komentar

Komentar