KPK Kirim Sudat ke IDI untuk Menilai Foto Setnov yang Janggal

TIDAK jelas sedang apa wanita yang berada di samping tempat tidur Setya Novanto, apakah mereka sedang bercakap-cakap atau tidak, tapi sepintas wanita itu terlihat tersenyum.

 

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) Laode M Syarief angkat bicara soal foto Ketua DPR Setya Novanto yang beberapa hari ini viral di media sosial. Laode mengatakan, KPK telah mengirimkan surat ke Ikatan Dokter Indonesia untuk menilai foto tersebut.

“KPK sudah berkirim surat ke IDI agar ada tim dokter independen yang menilai,” ujar Laode saat ditemui di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta Pusat, Kamis (28/9/2017).

Foto yang viral di media sosial itu menunjukkan Setya Novanto tengah dirawat di Rumah Sakit Premier Jatinegara, Jakarta Timur.

Dalam foto tersebut, Novanto sedang dijenguk oleh Anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar, Endang Srikarti Handayani. Endang sedang melihat kondisi kesehatan Novanto tengah tidur sembari dipasangi alat bantu pernapasan.

Selain itu, Novanto dipasangi berbagai alat bantu kesehatan seperti selang infus dan elektrokardiografi (alat bantu pendeteksi detak jantung).

Laode juga menegaskan bahwa KPK tidak akan terpengaruh dengan foto-foto yang tersebar di media sosial.

“Kami tidak terpengaruh foto-foto,” kata Laode.

KPK menetapkan telah Setya Novanto sebagai tersangka. Ketua Umum Partai Golkar itu diduga terlibat dalam korupsi proyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP).

Novanto juga diduga menyalahgunakan kewenangan dan jabatan. Novanto diduga ikut mengakibatkan kerugian negara Rp 2,3 triliun dari nilai proyek Rp 5,9 triliun.

Novanto disangka melanggar Pasal 3 atau Pasal 2 ayat 1 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. (red)

Berita Terkait

Komentar

Komentar