Kunjungan Wisatawan ke Pangandaran Menurun

pangandaran

PANGANDARAN, (tubasmedia.com) – Tingkat kunjungan wisatawan ke Pantai Pangandaran selama libur Natal dan Tahun Baru menurun cukup cukup signifikan dibanding tahun sebelumnya. Hal itu dikemukakan Muhlis, Kepala Dinas Pariwisata Perindagkop dan UMKM Kabupaten Pangandaran, Sabtu (3/1/ 2015).

Ia memperkirakan penurunan jumlah wisatawan itu terpengaruh terjadinya bencana alam di beberapa tempat. Ia mengatakan, lonjakan pengunjung pada saat Natal saja. Untuk malam Tahun Baru pendapatan retribusi yang disetorkan hanya sampai pukul 18.00. PAD dari objek wisata Pangandaran sampai awal Januari mencapai 89 persen.

Untuk PAD keseluruhan di Dinas Pariwisata Perindagkop dan UMKM mencapai 93 Persen. “PAD tersebut dari bidang Pariwisata, Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi, yakni sebesar Rp 4 miliar,” tambahnya.

Yapto (40), salah seorang pedagang di Pangandaran, mengatakan, suasana libur akhir tahun kali ini dirasakan berbeda dari sebelumnya. “Sekarang tidak begitu ramai seperti tahun lalu,” kata pedagang dari Ciamis itu.

Dikatakan, tahun lalu wisatawan sangat banyak hingga mengakibatkan kemacetan di sejumlah tempat. “Kalau sekarang tidak terlalu banyak wisatawan, yang secara otomatis belanja mereka juga berkurang,” tuturnya.

Yapto berharap Pangandaran kembali ramai dikunjungi wisatawan. “Mudah-mudahan ramai sampai minggu depan, apalagi masih dalam suasana liburan sekolah dan Tahun Baru,” kata Yapto. (hakri miko)

Berita Terkait