Layak Dikembangkan Potensi Wisata Alam Tanalum

Laporan: Redaksi

ilustrasi

ilustrasi

PURBALINGGA, (tubasmedia.com) – Potensi wisata Desa Tanalum, Kecamatan Rembang, Purbalingga berupa sejumlah air terjun layak untuk dikembangkan. Selain air terjun sebagai ikon utama wisata alam, juga lokasi perbukitan yang mendukung untuk wisata petualangan.

“Kami sudah melakukan survei dan membandingkan dengan sejumlah tempat sejenis di Jawa dan luar Jawa, potensi air terjun Tanalum sangat prospektif dan layak dikembangkan” kata Ketua Paguyuban Wisata Purbalingga (Wisbangga), Safei dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Purbalingga, Kamis pekan lalu.

Menurut Safei, air terjun yang ada di Tanalum yaitu curug Aul, curug Karang, curug Sendang, curug Gogot, curug Panyatan, curug Nagasari, dan curug Lampeng. “Kami mengusulkan, pengembangan wisata curug ini tetap berwawasan lingkungan. Jalan tembus menuju sejumlah curug ini sudah ada. Pemkab hanya perlu memberikan dukungan infrastruktur jalan, dan TIC (Tourism Information Centre) serta promosi yang gencar,” harapnya.

Safei menambahkan, Wisbangga dengan dukungan Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Purbalingga telah melakukan pelatihan terhadap sejumlah warga di sekitar curug sebagai embrio terbentuknya Pokdarwis (kelompok sadar wisata).

“Kami menekankan kepada para pemuda agar curug tersebut tidak dikelola investor, tetapi dikelola pihak desa melalui Pokdarwis. Jika nantinya sudah berkembang, tentunya akan mampu menggerakan perekonomian di desa,” tegas Safei.

Menanggapi usulan Wisbangga, Kabid Pariwisata Dinbudparpora Purbalingga Prayitno, menyambut baik pengembangan potensi wisata curug di Desa Tanalum. Prayitno berharap, Pemkab Purbalingga melalui Bappeda dapat menganggarkan dana pada tahun 2015 untuk mendukung infrastruktur jalan menuju Tanalum.

“Pengembangan sebuah destinasi wisata baru tidak bisa dilepaskan dengan dukungan infrastruktur jalan. Di sisi lain promosi wisata yang gencar melalui berbagai event serta kesempatan pameran juga sangat diperlukan,” kata Prayitno. (joko suharyanto)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.