Site icon TubasMedia.com

Lembaga Pembiayaan Industri Hendaknya Fokus ke IKM

 

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Kehadiran lembaga pembiayaan industri penting. Lembaga itu diharapkan fokus membantu industri kecil dan menengah (IKM) dengan memberikan persyaratan ringan, supaya perkembangan IKM pesat.

Hal itu dikemukakan Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Noegardjito, kepada tubasmedia.com, Jumat (28/11/2014) petang, berkaitan dengan rencana pemerintah mendirikan lembaga pembiayaan untuk pembangunan industri, seperti diungkapkan oleh Sekjen Kementerian Perindustrian, Ansari Bukhari, beberapa hari lalu.

Menurut Noegardjito, IKM dapat menjadi tulang punggung ekonomi. Pengembangan IKM juga berarti melaksanakan pemerataan. Di sektor otomotif, perkembangan industri skala kecil dan menengah yang memproduksi komponen otomotif perlu lebih didorong secara berkelanjutan, terutama menyambut berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN pada Desember 2015.

Dikemukakan, berkembangnya industri komponen otomotif akan menguatkan struktur industri kendaraan bermotor. Sasarannya untuk dapat bersaing dalam quality, cost, dan delivery.

“Perlu modal untuk up-grade peralatan produksi serta tenaga kerja dalam meningkatkan skil dan know how,” katanya.
Ia mengatakan, yang dirasakan pelaku industri saat ini adalah susah mencari pendanaan dengan kondisi dan suku bunga yang bersaing. (ender)

Exit mobile version