Lima Pemain Liga Premier Berada Di Daftar Nominasi Ballon d’Or

Piala Ballon d'Or untuk pemain terbaik dunia (fifa)

Piala Ballon d’Or untuk pemain terbaik dunia (fifa)

BINTANG Liga Premier Thibaut Courtois, Eden Hazad, Diego Costa, Yaya Toure dan Angel Di Maria adalah salah satu pesaing untuk memenangkan FIFA Ballon d’Or, bersama dengan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Courtois dan Costa belum bermain di Chelsea musim lalu, tapi yang membuat mereka masuk nominasi adalah Atletico Madrid mendapatkan gelar La Liga dan mencapai babak final Liga Champions. Costa mencetak gol 35 kali untuk Atletico dan terus dalam bentuk terbaiknya sejak dia pindah ke Chelsea, menjaringkan sembilan gol dalam beberapa pertandingan untuk tim asuhan Jose Mourinho sejak kedatangannya.

Eden Hazard adalah fitur kunci permainan Chelsea musim lalu di Stamford Bridge. Dia berperan penting dalam upaya tantangan gelar Chelsea di bawah manajer Jose Mourinho dan telah melanjutkan bentuk yang baik sepanjang musim ini.

Juara bertahan Manchester City memiliki Yaya Toure untuk mewakili mereka di kontes tahunan FIFA ini. Gelandang City tersebut tengah dalam bentuk yang luar biasa untuk musim terakhir, yang memberikan sumbangan 24 gol bagi City di semua kompetisi, termasuk satu di Piala Liga.

Di Maria adalah salah satu pemain Real Madrid yang bersinar tahun lalu, mencetak gol di final Copa del Rey melawan Barcelona dan juga membantu klub memenangkan Piala Eropa ke-10. Ia bergabung dengan United untuk rekor transfer di Inggris musim panas lalu dan telah tampil mengesankan di panggung Liga Premier dengan tiga gol.

Messi dan Ronaldo telah mendominasi daftar pemenang sejak 2008 dimana Messi memenangkan penghargaan empat tahun berturut-turut dari 2009 hingga 2012, sementara Ronaldo menang pada tahun 2008 dan 2013. Bintang Barca Messi mencetak 56 gol di semua kompetisi musim lalu dan kedua pemain telah menikmati awal yang mengesankan untuk musim ini.

Ronaldo mencetak 31 gol dalam 30 pertandingan dan selesai sebagai pencetak gol terbanyak La Liga dan memecahkan banyak catatan, termasuk gol terbanyak dalam satu musim kompetisi Liga Champions.

Nama Suarez tidak termasuk dalam daftar meskipun mendapat pengakuan sebagai pencetak gol terbanyak dan menjadi Premier League Player of the Year musim lalu, saat masih bermain di Liverpool. Namun, nilai yang dimilikinya relatif rendah mengingat dirinya baru kembali beraksi kompetitif untuk klub barunya Barcelona, setelah dihukum larangan pertandingan selama empat bulan karena menggigit pemain Italia Giorgio Chiellini di Piala Dunia.

Daftar awal nominasi ini disusun oleh Komite Sepakbola FIFA dengan bantuan majalah Prancis France Football. Daftar ini selanjutnya akan dipangkas untuk diciutkan menjadi tiga besar pada tanggal 1 Desember, dengan pemenang diumumkan pada upacara di Zurich pada 12 Januari tahun depan. (Rizal Surya Pratama)

Berita Terkait

Komentar

Komentar