Lima Ribu Ha Lahan akan Ditanami Bawang Putih di Humbang Hasundutan

LINTONGNIHUTA, (tubasmedia.com) Р Gubernur Sumatra Utara (Gubernur Sumut), Edy Rahmayadi, mengikuti panen bawang putih milik Kelompok Tani Pea Sigaol dengan luas panen satu hektare di Desa Hutasoit II, Kecamatan Lintongnihuta, Kabupaten Humbanghasundutan (Humbahas), Rabu (3/5/2020).

Gubernur Sumut berjanji membantu penanaman dengan pengembangan bawah putih di Humbahas 5 ribu hektare. Dengan demikian, ia berharap Sumut tidak mengimpor bawang putih nantinya.

“Selama ini kita mengimpor bawang putih di Sumatra Utara. Harapan kita ke depan supaya daerah dapat menghasilkan produksi bawang putih selain Humbahas,” katanya di Lintongnihuta, Kabupaten Humbahas.

Selain pengembangan tanaman bawang putih, katanya, Pemprov Sumut juga akan membantu 5 ribu ekor kerbau.

Dalam kesempatan itu, Pemerintah Kabupaten Humbahas mengapresiasi bantuan pemerintah provinsi untuk perkembangan sektor pertanian di Humbahas.

“Kita berterima kasih atas bantuan provinsi selama ini dalam berbagai sektor pembangunan, salah satunya sektor pertanian,” kata Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor dalam sambuatanya.

Pemkab Humbahas berharap bantuan dari provinsi tetap berkelanjutan. “Kita berharap agar bantuan terus berlanjut, sehingga program kelanjutan pertanian jagung, bawang, dan komoditi lain dapat berkesinambungan untuk dinikmati petani,” harap Dosmar.(sabar)

Berita Terkait

Komentar

Komentar