Limbah Sabut Kelapa untuk Kerajinan

sabut kelapa

PROBOLINGGO, (tubasmedia.com) – Perajin sabut kelapa di Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo, Jawa Timur, saat ini sedang mengembangkan pembuatan sapu serta keset kaki dari bahan baku sabut kepala.

Sebelumnya pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) tersebut telah memanfaatkan limbah sabut kelapa menjadi berbagai produk kerajinan, seperti keset kaki, sapu dan lain-lain. Produk tersebut telah dipasarkan ke berbagai kota di Indonesia.

“Saya bersama keluarga memang terus membuat terobosan, salah satunya dengan membuat sapu, keset,” kata seorang perajin saat ditemui tubasmedia.com di rumahnya.

Untuk membuat sapu atau pun keset kaki dengan ukuran panjang 60 cm, lebar 40 cm dan tinggi 1 cm diperlukan 800 gram sabut kelapa. Sedangkan untuk menghasilkan 1 kilogram sabut kelapa diperlukan 5 hingga 6 buah kelapa. Dalam menyediakan bahan baku tidak mengalami kendala yang berarti mengingat masih melimpahnya sabut kelapa di daerah Lumajang atau Banyuwangi serta Probolinggo. Namun, perajin belum bisa memproduksi secara massal karena keterbatasan modal dan peralatan. (haroem)

Berita Terkait