Luhut: Nelayan Indonesia Jangan Takut Sama Tenaga Asing

nelayan-indonesia.jpg2

JAYAPURA, (tubasmedia.com) – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Pandjaitan meminta masyarakat untuk tidak takut bersaing dengan tenaga kerja asing yang masuk ke Indonesia, utamanya bidang kelautan.

Karena itu, Luhut berjanji akan mendidik para nelayan untuk siap menjadi tuan rumah di negeri sendiri, sehingga bisa bersaing dengan tenaga asing.

“Tidak masalah siapa pendidiknya, yang terpenting mereka aktif,” ujar Luhut di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skow, Kamis (11/8/2016).

Sebagai langkah konkret atas hal itu, Luhut akan melakukan pertemuan dengan nyelayan-nelayan aktif yang ada di Indonesia untuk bertemu, dan mencari solusi guna peningkatan kemampuan saing nelayan Indonesia.

“Oleh sebabnya saya sudah rencanakan, dan tadi malam saya sudah berkoordinasi dengan bapak Presiden (Jokowi) bahwa kita akan mengumpulkan para penghasil ikan untuk belanja masalah, artinya, apasih masalah yang jadi kendala,” ujarnya.

Dengan pertemuan tersebut, selanjutnya baru akan ditentukan langkah yang akan diambil untuk peningkatan kemampuan para nelayan Indonesia ini.

“Dengan pertemuan nanti, baru kita akan tahu langkah apa yang akan dilakukan. Garis bawahnya, harus meningkatkan kesejahteraan para nelayan kita,” katanya.

Terkait metode yang akan diambil, mantan Menkopolhukam ini menegaskan, ada beberapa opsi yang intinya baik untuk masyarakat maupun negara, serta dapat mendapatkan keuntungan dari sumber data alam yang dimiliki.

“Caranya mencari opsi terbaik agar nelayan kita sejahtera dan negara mendapatkan keuntungan dari kejayaan alam kita. Untuk itu kita harus mendengarkan semua pendapat dari nelayan kita yang berpengalaman,” pungkasnya.(red)    

Berita Terkait

Komentar

Komentar