Luhut: Tidak Semua Negara Cocok Terapkan Lockdown

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Beberapa negara sudah melakukan lockdown alias isolasi wilayah demi mencegah penyebaran virus corona. Namun, menurut Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan tak semua negara berhasil melakukan hal ini.

Luhut menyebut hanya China saja yang relatif berhasil melakukan lockdown untuk mencegah penyebaran virus corona.

Lockdown juga nggak semua tempat berhasil, hanya China yang relatif berhasil”, ungkap Luhut lewat rilis video kepada wartawan, Selasa (31/3/2020).

Sementara itu, dia mengatakan di beberapa negara pun lockdown tak serta merta dilakukan secara penuh. Dia mencontohkan Korea Selatan, Italia, hingga Jerman tak melakukan lockdown penuh satu negara.

“Lalu kan di Korea Selatan, Italia, juga tidak penuh lockdown, apa namanya Jerman itu juga sama,” ujar Luhut.

Menurutnya, semua negara memang akan mencari caranya masing-masing dalam melakukan isolasi wilayah yang cocok.

“Setiap negara cari model masing-masing yang cocok. Jadi kita jangan terus buru-buru men-judge begitu, atau memberikan komentar yang nggak pas,” tegas Luhut.

Mengenai lockdown di Indonesia pun, dia mengatakan pemerintah juga sedang mencari terminologi dan defisini yang tepat. Lalu, apabila isolasi akan dilakukan kemungkinan bukan dengan sebutan lockdown.

“Tapi nanti terminologinya dikaji juga. Kita nggak kenal lockdown, di UU nih ya. Jadi kita nggak pake lagi istilah lockdown,” ungkap Luhut.(sabar)

Berita Terkait

Komentar

Komentar