Mahasiswa USB Raih Medali Perak di ajang WICE 2019

SURAKARTA, (tubasmedia.com)World Invention Competition and Exhibition (WICE) merupakan ajang event internasional yang mencari generasi muda yang inovatif dan kreatif dalam menemukan solusi terkait dengan berbagai masalah yang dihadapi oleh kehidupan manusia.

WICE digelar oleh dua negara, yakni Indonesia yang diwakili oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA) dan Malaysia YANG diwakili oleh SEGi College. WICW 2019 diselenggarakan di kampus SEGi College Subang Jaya, Malaysia pada 2 hingga 6 Oktober 2019.

Pada WICE 2019, Universitas Setia Budi (USB) Surakarta, mengirimkan satu wakil yaitu Juniarto Mende yang merupakan mahasiswa Fakultas Farmasi USB. Juniarto berhasil meraih satu medali perak untuk kategori Health and Medical dengan judul penelitian Activity Test of Gel Preparations Iler Leaf Ethanol Extract (Coleus atropurpureus Benth.) on The Healing of Bacterial Infection in New Zealand White Rabbit.

Juniarto mengungkapkan, daun iler merupakan tanaman liar yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah sebagai Antibakteri yaitu penyembuhan luka infeksi bakteri yang diformulasikan dalam bentuk sediaan gel sehingga mudah digunakan dan praktis dalam pengobatan penyembuhan luka infeksi bakteri.

“Dalam ajang ini, banyak ilmu yang saya dapatkan untuk semangat dalam berinovasi untuk mengembangkan potensi di bidang sains dan teknologi,” tambahnya.

Ajang WICE 2019 sendiri diikuti oleh 253 peserta dari delapan negara yakni Indonesia, Malaysia, United Kingdom, Korea Selatan, Turki, Thailand, Vietnam dan Filipina. WICE ini didukung penuh oleh KBRI untuk Malaysia, Kementerian Pendidikan Malaysia, Malaysia Innovation Invention Creative Association (MIICA), Malaysia Young Scientists Organization (MYSO), Lembaga Invensi dari United Kingdom dan Korea Selatan.(roris)

Berita Terkait

Komentar

Komentar