Makanan Siap Saji Bisa Memicu Munculnya Asma Pada Anak

makanan

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Penelitian baru dari Selandia Baru yang diterbitkan Thorax: An International Journal of Respiratory Medicine, telah menemukan hubungan antara asupan makanan cepat saji dalam jumlah besar dengan penyakit asma di kalangan anak-anak.

Todd Mahr, Ketua Ikatan Dokter Anak Amerika menjelaskan hasil penelitian menarik ini. Peneliti mengumpulkan data survei pada 319.196 anak berusia 13-14 tahun dan 181.631 anak berusia tujuh tahun. Mereka yang sering mengonsumsi makanan cepat saji itu didiagnosa asma, eksim, dan alergi hidung. Asma dikaitkan dengan konsumsi tinggi dari mentega, margarin, dan pasta, termasuk makanan cepat saji.

“Orang tua dan dokter harus memikirkan bagaimana caranya anak-anak bisa diet dari makanan-makanan yang mengganggu sistem pernapasan mereka,” ujar Mahr, dilansir dari Rodale News, Rabu (10/6).

Ada banyak bukti menunjukkan bahwa anak-anak yang menderita obesitas berada pada risiko asma tinggi. Studi ini akan mempelajari lebih jauh kaitan antara asma dengan makanan cepat saji, termasuk risiko lemak trans pada makanan cepat saji yang menyebabkan peradangan di saluran pernapasan. (rill/riska)

Berita Terkait