Site icon TubasMedia.com

Makelar Kuasai Proyek di Kabupaten Humbahas

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

DOLOKSANGGUL, (Tubas) – Masyarakat Humbang Hasundutan (Humbahas) sesalkan tindakan oknum pengusaha (kontraktor) inisial BS, RM dan oknum PNS di Dinas Prasarana dan Wilayah (Praswil) inisial RS. Mereka disebut-sebut sebagai rekanan dan PNS kepercayaan Bupati Humbahas dan Wakil Bupati Humbahas yang diserahi tugas sebagai makelar proyek dan calo proyek di Pemkab Humbahas. Sehingga, banyak para rekanan yang hendak mendaftar merasa pesimis dan menyesalkan Bupati tidak berdaya terhadap sikap oknum-oknum kontraktor tersebut.

Salah satu panitia di Dinas Praswil bermarga T, saat dicoba wartawan untuk mengonfirmasi baru-baru ini tentang keberadaan jumlah paket pengadaan barang dan jasa yang dilelangkan di Dinas tersebut memperlihatkan secarik kertas, dengan jumlah paket proyek yang sudah ditandai nama-nama pemilik proyek tersebut.

Panitia bermarga T tersebut mengatakan, paket proyek sudah ditentukan pemiliknya. “Ini yang dipesankan kepala dinas sama kita, sesuai dengan yang diperintahkan kepada kami, jadi kami tidak bisa lari dari daftar ini,” katanya dengan menunjukkan kode-kode paket proyek menggunakan huruf D.

Dicoba mengkonfirmasi PNS dinas Praswil tersebut beberapa kali melalui ponsel selulernya, tidak ada jawaban. Bahkan saat ditemui di ruang kerjanya, lagi-lagi tidak berada di tempat. Salah satu stafnya menjelaskan, “bapak itu baru berangkat,” tanpa menjelaskan ke mana PNS itu berangkat.

Terkait dengan kondisi ini, Fredy H Ketua I LSM MPPK2N Wilayah Tapanuli dalam siaran persnya mengatakan, pekan lalu, “kami menyarankan kepada panitia lelang untuk menjalankan tahapan pelelangan benar-benar jujur, adil dan transparan dan akuntabel sesuai amanah Undang Undang No 53 tahun 2010. Jangan ada yang ditutup-tutupi.” (marlan)

Exit mobile version