Manfaatkan Pekarangan untuk Kolam Ikan

TARUTUNG, (tubasmedia.com) – Program Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan seribu kolam ikan mendapat sambutan baik dari warganya.

Kini, warganya banyak memanfaatkan pekarangan kebunnya untuk beternak ikan. Salah satunya, Gurning Situmeang warga Dusun Tapian Nauli Kelurahaan Situmeang Habinsaran Sipoholon yang sukses membudidayakan ikan nila dan emas di kawasan dataran tinggi.

Gurning yang masih berusia 46 tahun bisa dibilang orang sukses dalam beternak ikan. Meski tidak memiliki latar belakang peternak ikan, Gurning berkat kerja kerasnya bisa memperjuangkan masa depan anak pertamanya, Daniel Situmeang,19, lolos masuk angkatan Bintara Kepolisian ke 41.

Keberhasilannya ini tak luput berkat bantuan Pemerintah Tapanuli Utara berupa 10 ribu bibit dan pakan 40 sak jenis caron 813.

Selasa (23/1) di kolam ikan miliknya, Gurning menyebutkan, ikan nila dan emas itu dikembangkan Gurning di kebun miliknya seluas 3 hektar yang selama ini tidak pernah dirawat. Di lahan tersebut dibangun sebanyak 8 unit kolam dengan luas bervariasi.

Dari cerita dia, tanpa memakai kolam dilapisi terpal hanya alami, dalam budidaya ikan nila dan emas, dianya melakukan cara pemeliharaanya selain pakan yang diberikan pemerintah setempat, dedak dan ubi kayu tambahaan vitamin.

Dalam tahun 2016 lalu, setiap 4 per bulannya menghasilkan Rp 8-9 jutaan. Karena setiap panen, ikan mencapai 1 ton dengan rata-rata beratnya 7 ons sampai satu kilo  per ekor.

Baginya, dalam pendistribusian ikan tidak terlalu sulit. Sebab banyak permintaan pengiriman ikan tersebut. Salah satunya adalah Jakarta dan Medan.

” Dengan modal kecil ditambah bantuan pemerintah, hasil sampaiRp ¬†8-9 jutaan. Jadi kita harus berterimakasih kepada pak Bupati Nikson yang memperhatikan warganya bagi masyarakat peternak,” kata bapak anak lima ini.(tony)

Berita Terkait

Komentar

Komentar