Mantan Juara Tinju Leon Spinks Berada Di Rumah Sakit

Salah satu moment pertarungan Leon Spinks melawan Muhammad Ali (Dirck Halstead/Getty Images)

Salah satu moment pertarungan Leon Spinks melawan Muhammad Ali (Dirck Halstead/Getty Images)

MANTAN juara tinju kelas berat Leon Spinks kini berada di sebuah rumah sakit Las Vegas setelah operasi kedua untuk masalah perut.

Petinju yang kini telah berusia 61 tahun, yang mendapatkan ketenaran setelah mengalahkan Muhammad Ali pada tahun 1978, menjalani operasi kedua dalam beberapa hari terakhir setelah mengalami komplikasi pasca operasi darurat pertama, kata istrinya.

“Ini akan menjadi jalan panjang di depan, tapi dia kuat dan dia mulai pulih,” kata Brenda Spinks kepada The Associated Press. “Ada komplikasi setelah operasi pertama, tapi semuanya telah diperbaiki.”

Sebelumnya, penyanyi Tony Orlando mengirimkan tweet meminta orang untuk berdoa bagi Spinks, teman baiknya. Orlando menulis bahwa Spinks kini tengah “menghadapi pertarungan terbesar dalam hidupnya”.

Spinks dan adiknya Michael keduanya meraih medali emas Olimpiade pada tahun 1976 di kelas yang berbeda dan kemudian menjadi juara kelas berat. Kenaikan karir Leon bagaikan meteor setelah dirinya mengalahkan Muhammad Ali dan merebut gelar kelas berat pada tanggal 15 Februari 1978, setelah hanya menjalani tujuh kali pertandingan tinju pro.

Beberapa petinju, termasuk Ali, memberi Spinks kesempatan dalam pertarungan, tapi dia menggunakan energi dan gaya yang aneh untuk membuat Ali frustasi dan memenangkan keputusan split 15 ronde di Las Vegas Hilton. Tapi dia kehilangan gelar kembali kepada Ali dalam pertandingan ulang mereka, tujuh bulan kemudian di hadapan lebih dari 60.000 orang di Superdome di New Orleans.

“Ali pikir saya adalah pengecut dan saya harus membuktikan kepadanya bahwa saya tidak,” kata Spinks baru-baru ini. “Saya tahu saya bisa mengalahkan dia setelah menonton perkelahian itu.”

Spinks mendapatkan satu kesempatan lagi meraih gelar juara pada tahun 1981 saat melawan Larry Holmes, sayang laga tersebut harus dihentikan di ronde ketiga. Dia tidak pernah menjadi juara kelas berat lagi tapi tetap bertinju sampai tahun 1995, finish dengan catatan karir 26-17-3.

Spinks didiagnosis pada 2012 mengalami penyusutan di otaknya, yang oleh dokter di diagnosa disebabkan oleh pukulan yang ia terima selama karirnya.

Michael Spinks yang gagal mengalahkan Holmes untuk gelar kelas berat pada tahun 1985, menantang Mike Tyson dalam pertarungan gelar tiga tahun kemudian. Tyson merobohkannya hanya dalam waktu 91 detik dan ia pensiun setelah pertarungan tersebut. (Rizal Surya Pratama)

Berita Terkait