Masuk 6 Besar Desa Inovatif Sumut Desa Siponjot Akan Menjadi Kampung Inggris

Ket.photo dari kiri ke kanan Jon Right Silaban, Deka Seply Silaban dan Manatap Silaban

 

DOLOKSANGGUL, (tubasmedia.com) – Desa Siponjot Kecamatan Lintongnihuta Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas)  salah satu Desa yang masuk enam (6) besar Desa Inovatif Sumatera Utara(Sumut).

saat ini Desa Siponjot  sedang mengikuti seleksi final untuk memperebutkan 3 besar Desa Inovatif dan akan di umumkan nanti sebelum 17 Agustus. hal itu disampaikan Deka Seply Silaban Kepala Desa Siponjot kepada tubasmedia.com Jumat 12/8 di kantornya.

Desa Siponjot yang sedang menjalin kerjasama dengan Willmar Indonesia telah banyak mengalami perubahan terutama bagi anak anak sekolah mulai dari tingkat SD,SMP dan SMA, sebab di Desa itu sejak empat bulan terakhir hampir 90%mengikuti les Bahasa Inggris. “Desa Siponjot ini tidak lama lagi akan menjadi Desa Inggris” sebut Deka.

Ini tidak isapan jempol belaka, sebab anak sekolah di desa ini sudah mulai dan tidak segan berkomunikasi dengan bahasa Inggris walaupun belum fasih ujarnya.

Selain itu kata dia, perangkat desa juga ikut belajar bahasa Inggris bersama anak anak SMA yang kebetulan tempat mereka les mereka dikantor ini.

Untuk biaya les, kami menganggarkan 30 juta dari dana desa, dan sebagian dari orang tua siswa, terutama bagi 107 KK yang menerima BLT kami mendorong mereka agar mengikutkan anaknya ikut Les Bahasa Inggris.

Deka menjelaskan, bahwa dari Desanya sudah ada 3 orang yang  telah berangkat kuliah di Poly Tehnik Willmar Indonesia, selain biaya yang gratis mereka juga dibeti uang saku Rp. 900.000/bulan. “ini adalah satu satunya Desa Poltek Willmar Indonesia”sebut Deka.

Deka Seply Silaban Kepala Desa yang juga mantan anggota DPRD Humbahas dari PPRN ini, sejak dilantik telah menyatakan bahwa gajinya sebagai Kepala Desa akan disumbangkan untuk kebutuhan  Desa.

Deka yang memiliki 4 orang anak perempuan itu, dengan bangga mengatakan bahwa dirinya mimpi anak anak Desa Siponjot akan berhasil kelak menjadi kebanggaan orang tuanya.

“Saya rindu mereka berhasil nantinya karena kepintaran dan kebaikannya”terang Deka sembari menjelaskan bahwa 3 putrinya berhasil masuk ke Del dan saat ini sudah kuliah di Fakultas Industri di Universitas Indonesia (UI) dan  Fakultas jurusan Phisykologi di Universitas Gajah Mada (UGM) dan satu orang lagi masih di Del serta yang paling bontot baru kelas 6 SD.

Pada kesempatan itu, Jon Right Silaban Guru  SMAN 2 (plus) Lintongnihuta salah seorang Guru dari 9 guru les bahasa Inggris di Desa Siponjot membenarkan bahwa Desa Siponjot akan menjadi Kampung Inggris dimana anak anak akan berkomunikasi dalam bahasa Inggris” Bapak boleh coba anak anak di Desa ini menyapa dengan bahasa Inggris pasti disahuti dengan bahasa Inggris” terangnya.

Jon menyebut bahwa mereka mengajar tidak dengan Syllabus sekolah di daerah ini, tetapi dengan syllabus Amerika.

Willmar Indonesia membantu siswa dengan menyediakan buku buku ber standar Amerika, kami tidak membebani orang tua kata dia.

hampir 300 orang yang sedang kami didik merupakan the  bigest course dengan Curicullum America yang nantinya mendukung Danau Toba sebagai Destinasi wisata, selain itu Pemkab Humbahas telah menetapkan Desa Siponjot menjadi Desa wisata karena Tao Silaban

Jon juga berharap, agar anak anak dari Desa Siponjot akan lebih banyak masuk SMA Unggul Del. “ini beralasan sebab untuk masuk Del yang diuji adalah bahasa Inggris, matematika dan Fisika”jelasnya.

Pada kesempatan itu juga hadir Manatap Silaban dari Palembang dimana selama ini bekerja di PT Jafva  pengolahan pakan ternak ingin menjalin kerja sama denga Desa Siponjot dibidang pengolahan Pakan ternak “potensi daerah ini cukup untuk bisnis pakan ternak”kata Manatap. Mudah mudahan ke depan kita dapat kerja sama,sebutnya (efison ompusunggu)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.